Minggu 16 Mei 2021, 17:45 WIB

Pusat Perbelanjaan akan Tolak Pengunjung Jika Kapasitas Dekati 50%

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pusat Perbelanjaan akan Tolak Pengunjung Jika Kapasitas Dekati 50%

MI/Ramdani
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta

 

KETUA Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan, pusat perbelanjaan siap untuk menolak pengunjung bila kapasitas di dalam pusat perbelanjaan sudah mendekati 50%. Penolakan tersebut bisa dilakukan dengan memasang tanda pada papan ketersediaan parkir kendaraan.

Selain itu, pada pengunjung yang menggunakan angkutan umum bisa dihalau saat di pintu masuk oleh petugas keamanan mall. Menurutnya, dengan hal ini akan membuat keramaian tidak terpusat di satu kawasan saja sehingga pemerataan pendapatan bisa dilakukan.

"Bisa memasang tanda bahwa parkir penuh. Dengan begitu kan pengunjung sudah berpikir sendiri bahwa di dalam kondisinya sudah penuh. Maka mereka akan cari mall yang lain atau tidak jadi ke mall," kata Budi saat dihubungi, Minggu (16/5).

Selain itu, menghadapi keramaian pengunjung di masa libur Lebaran ini, pihaknya bersama pengelola pusat perbelanjaan telah memastikan protokol kesehatan berjalan ketat. Apabila di dalam toko kapasitas pengunjung sudah 50%, pengunjung lainnya yang hendak masuk ke toko harus mengantre dengan prosedur jaga jarak.

Baca juga : Selama Libur Lebaran, KRL Jabodetabek Layani 3,2 Juta Pelanggan

"Kan pengunjung begitu lihat antrean panjang otomatis dia mundur. Dia cari ke toko lain, atau datang lagi hari berikutnya yang mungkin lebih sepi," jelasnya.

Menurutnya, kapasitas di pusat perbelanjaan di Ibu Kota hingga saat ini masih terpantau ramai namun masih dalam batas kapasitas 50%. Arus keluar masuk pengunjung pun diatur.

Keramaian ini diprediksi terjadi puncaknya hari ini karena diperkirakan mulai besok sudah ada beberapa sektor perusahaan yang mulai aktif beroperasi kembali.

"Tapi biasanya sampai H+7 itu masih ramai. Karena swasta masih banyak libur. Kalau kantor pemerintahan kan sudah selesai pekan ini liburnya," terangnya. (OL-7)

Baca Juga

dok.humas

Pengembangan Desa Wisata Kertarahayu Bekasi Diapresiasi Dirjen Bina Pemdes

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:39 WIB
DESA wisata Kertarahayu mulai dikembangkan pada tahun 2021, diapresiasi  lantaran mampu menerapkan praktik pengembangan pariwisata...
Antara

Gedung Pemerintah di Jakarta Disewakan untuk Bangun IKN 

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:09 WIB
"Jadi gedung pemerintah di Jakarta dikomersialkan, disewakan jangka panjang dan uangnya dipakai untuk di sana," ungkapnya kepada...
MI/Andri Widiyanto

Mulai Besok, Rute TransJakarta Ciputat-Tosari Kembali Beroperasi 

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:00 WIB
Dia menambahkan, kebijakan ini juga berdasarkan evaluasi yang dilakukan dari kebutuhan dan permintaan pelanggan yang banyak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya