Senin 03 Mei 2021, 00:45 WIB

Bogor Putarbalikkan 3.076 Kendaraan Berplat tidak Sesuai

Mediaindonesia.com | Megapolitan
Bogor Putarbalikkan 3.076 Kendaraan Berplat tidak Sesuai

Antara
Ilustrasi

 

Pelaksanaan kebijakan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor di jalan lingkar Kebun Raya Bogor (KRB) Kota Bogor pada hari kedua, Minggu (2/5) sore telah memutarbalikkan sebanyak 3.076 kendaraan berplat nomor tidak sesuai dengan tanggal ganjil-genap kalender.

Baca juga : Pemkot Bogor Siapkan Tiga Skema Pengetatan Pemudik

Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, di Kota Bogor, Minggu, mengatakan, sebanyak 3.076 kendaraan yang diputarbalikkan arahnya meliputi 1.618 sepeda motor (R2) serta 1.458 mobil (R4) pada Minggu mulai pukul 15:30 WIB hingga 17:30 WIB,

"Pada hari ini, tanggal 2 Mei yakni genap, sehingga kendaraan yang diizinkan melintas di jalan lingkar KRB adalah kendaraan dengan plat nomor genap. Kalau kemarin tanggal ganjil, sehingga kendaraan yang diizinkan dengan plat nomor ganjil," katanya.

Susatyo melihat, kendaraan yang melintas di jalan lingkar KRB pada hari ini lebih ramai dari pada Sabtu kemarin. Pada Sabtu (1/5) kemarin, kendaraan yang diputarbalikkan arahnya sebanyak 2.361 kendaraan terdiri dari 1.331 sepeda motor (R2) serta 1.030 mobil (R4). "Pada hari ini lebih banyak kendaraan menuju ke pusat kota yang melintasi jalan lingkar KRB, karena hari ini adalah hari libur," katanya.

Susatyo menegaskan, diberlakukannya kebijakan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor, untuk membatasi mobilitas warga Kota Bogor dan sekitarnya, guna mencegah adanya kerumunan masyarakat. "Karena, kerumunan masyarakat ini berpotensi terjadi penularan COVID-19," katanya.

Pada pelaksanaan ganjil-genap bagi kendaraan bermotor hari kedua, kendaraan berplat nomor ganjil yang tujuannya tidak terlalu penting, maka diputarbaikkan arahnya melalui lima titik pos pemeriksaan (check point) yang dijaga oleh petugas gabungan dari Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor.

Petugas gabungan itu dari Polresta Bogor Kota, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Pemerintah Kota Bogor, yang dibantu oleh personil TNI dari Kodim 0606 dan Denpom III/1 Bogor.

Kelima titik pos pemeriksaan yang disiapkan berada, di simpang Jalan Raya Pajajaran dan Jalan Raya Otista di Tugu Kujang, di simpang Jalan Juanda dan Jalan Empang di dekat Mal BTM, di simpang Jalan Juanda dan Jalan Kapten Muslihat, di simpang Jalan Juanda dan Jalan Pemuda dekat Markas Denpom, serta di simpang Jalan Jalak Harupat dan Jalan Raya Pajajaran dekat Rumah Sakit Siloam.

Menurut Susatyo, dari hasil evaluasi pelaksanaan ganjil-genap kendaraan bermotor hari kedua, banyak warga yang sudah lebih mengerti bahwa pada akhir pekan diberlakukan kebijakan ganjil-genap di jalan lingkar KRB. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Antara

Bonus Kurang, Banyak Ojol Setop Cari Order Saat Lebaran

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 14 Mei 2021, 19:35 WIB
Dia menyampaikan, pengurangan bonus bisa sampai 50% hingga 100% tergantung performa pengemudi...
Antara

Ngeyel Berziarah di TPU Tegal Alur, Warga Ricuh dengan Petugas

👤Rahmatul Fahjri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 18:48 WIB
Beberapa warga bahkan terlihat anarkis dengan melempari gerbang TPU menggunakan...
Antara

Anies: Ada Potensi Lonjakan Kasus Covid-19 Setelah Libur Lebaran

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:04 WIB
Meski ada larangan mudik Lebaran, namun Anies tidak menampik terjadi pergerakan penduduk dalam jumlah besar. Diprediksi, 1,2 juta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya