Selasa 02 Maret 2021, 15:14 WIB

Wagub DKI Minta Kemen PUPR Segera Kerjakan Normalisasi Sungai

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Wagub DKI Minta Kemen PUPR Segera Kerjakan Normalisasi Sungai

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Banjir yang melanda jakarta, Sabtu (20/2)

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap Kementerian PUPR dapat memulai pengerjaan fisik normalisasi sungai di Jakarta tahun ini. Pria yang akrab disapa Ariza itu mengatakan, beberapa bagian lahan yang akan dinormalisasi sudah dibebaskan oleh Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta pada akhir tahun lalu sehingga pengerjaan fisik normalisasi seharusnya bisa dilakukan sesegera mungkin.

"Normalisasi sudah kami bebaskan sebagian (lahan), mudah-mudahan tahun ini mulai dibangun sheet pile-nya oleh PUPR," kata Ariza di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (2/3).  

Dalam program normalisasi sungai di Jakarta untuk pengendalian banjir, Pemprov DKI bertugas membebaskan lahan dan Kementerian PUPR bertugas melakukan pengerjaan fisik normalisasi antara lain dengan melakukan pengerukan bantaran kali yang sudah menyempit agar lebar kembali sesuai dengan lebar idealnya. Kemudian melakukan pengerukan agar kedalaman sungai juga ideal serta memasang turap beton atau sheet pile.

Baca juga: Polda Metro Klaim Kampung Tangguh Nihilkan Kasus Covid-19

Sebelumnya, program normalisasi sungai terhenti sejak 2018 dengan tidak adanya pembebasan lahan sejak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Jakarta. Pada 2020 lalu, Anies kembali menggulirkan program normalisasi namun tersendat karena anggaran yang menyusut akibat pandemi.

Pembebasan lahan pun baru dapat dilakukan pada akhir tahun usai dana pinjaman dari pemerintah pusat dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) cair.

Namun demikian, meski program normalisasi sungai terhenti, Pemprov DKI Jakarta tetap berupaya melakukan program pengendalian banjir lainnya seperti naturalisasi dan sumur resapan, termasuk program RTH dijadikan tempat penampungan air di Jakarta.

"Kemudian program lain RTH juga kami akan tambah," kata politikus Partai Gerindra itu.

Ariza menambahkan, tahun ini Pemprov DKI juga akan membeli pompa air untuk penanganan banjir dan membuat sistem penanganan banjir dengan sistem polder. "Semua program kami laksanakan secara proporsional sesuai dengan anggaran yang ada," tuturnya. (OL-4)

Baca Juga

MI/Susanto

Siklon Tropis Surigae Tidak Berdampak Pada Cuaca di Jabodetabek

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 20:00 WIB
"Siklon tropis Surigae tidak berdampak ke Jabodetabek. Namun, cuaca Jabodetabek saat ini dipengaruhi oleh Sirkulasi Siklonik di...
dok.Pemprov DKI Jakarta

Temui Bupati Kuningan, Anies Buka Kerjasama Antardaerah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:35 WIB
Kunjungan silaturahmi ini bertujuan membuka komunikasi awal terkait potensi kerja sama antardaerah yang nantinya akan dibangun antara...
Dok.Korlantas Polri

Penegasan Kakorlantas Larang Mudik Lebaran Diapresiasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 17 April 2021, 14:15 WIB
Dia menilai mudik tahun ini tidak jauh beda kondisinya dengan mudik tahun lalu situasi dan kondisinya. Meski proses vaksinasi terus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya