Senin 01 Maret 2021, 22:15 WIB

DKI Diminta Belajar ke Singapura Soal Penertiban Tempat Nongkrong

Rahmatul Fajri | Megapolitan
DKI Diminta Belajar ke Singapura Soal Penertiban Tempat Nongkrong

MI/VICKY GUSTIAWAN
Penutupan Kafe di bilangan Jakarta Selatan.

 

ANGGOTA DPRD DKI Jakarta Fraksi PAN Lukmanul Hakim meminta Pemprov DKI Jakarta untuk belajar dari Singapura yang menerapkan aturan yang ketat untuk tempat hiburan malam.

Lukman menjelaskan di Singapura, semua area tempat hiburan malam terdapat cctv untuk memantau aktivitas dan rekaman dari pengunjung yang disimpan setidaknya selama 28 hari dan akan ditinjau secara berkala oleh lembaga penegak hukum. Kemudian, alkohol juga tidak dapat dijual, disajikan, atau dikonsumsi setelah pukul 22.30.

“Semua pelanggan mengenakan masker setiap saat, bahkan saat bernyanyi di tempat karaoke. Mereka hanya diperbolehkan melepas masker saat makan dan minum," kata Lukman, melalui keterangannya, Senin (1/3).

Lukman mengaku sangat miris, karena di tengah upaya pemerintah menghentikan pandemi covid-19, ternyata masih banyak tempat hiburan yang buka melebihi jam operasional yang ditetapkan.

Untuk itu, selain belajar dari Singapura, ia mengusulkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup secara total tempat hiburan malam selama pemberlakuan penerapan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada lagi kucing-kucingan antara pengusaha nakal dengan pemerintah.

Ia kemudian menyoroti kejadian penempakan oleh anggota Polisi di sebuah kafe di Cengkareng, Jakarta Barat yang terjadi pada dini hari. Selain itu, juga ada Brotherhood Gunawarman yang kena razia protokol kesehatan oleh Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

“Dua insiden yang terjadi di tempat hiburan malam selama sepekan pekan terakhir ini mebuktikan bahwa pengusaha hiburan malam tidak bisa mematuhi ketentuan Pemprov DKI Jakarta selama PPKM diberlakukan,” kata Lukman. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA/HO

Kali Sunter Meluap, Cipinang Melayu Banjir

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 15 April 2021, 08:25 WIB
Menurut salah warga terdampak banjir, Yati, air luapan Kali Sunter mulai menggenangi permukimannya pada Rabu (14/4) sekitar pukul 18.30...
ANTARA/Puspa Perwitasari/

Hujan Diprediksi Guyur Jakarta Siang dan Malam Ini

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 08:05 WIB
Warga diminta waspada dengan perubahan cuaca yang...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Jadi Akses Tawuran, Warga Minta JPO Kali Sentiong Dibongkar

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 15 April 2021, 07:43 WIB
"Aspirasi warga sudah kami tindak lanjuti ke Sudin Bina Marga Jakarta Pusat. Namun, pembongkaran jembatan itu harus dilakukan dengan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya