Kamis 28 Januari 2021, 09:30 WIB

TPU Srengseng Sawah Mampu Tampung 1.000 Makam Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
TPU Srengseng Sawah Mampu Tampung 1.000 Makam Covid-19

MI/ANDRI WIDIYANTO
Lahan pemakan baru khusus jenazah covid-19 di TPU Srengseng Sawah, Jakarta.

 

ANGGOTA Komisi D DPRD DKI Jakarta Dedi Supriadi meninjau pemakaman covid-19 di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (27/1).

Dalam peninjauan tersebut, Dedi melihat bagaimana telah dilakukan pemadatan lahan dengan alat berat di area seluas 1,3 hektare itu.

Dedi Supriadi, yang juga Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, diterima oleh Kepala TPU Srengseng Sawah Sutandio.

Dalam keterangannya kepada Dedi, Sutandio menyatakan area seluas 1,3 hektare itu dapat menampung 1.000 petak makam baru dan akan siap dalam beberapa hari ke depan untuk digunakan.

Baca juga: Empat Bulan Operasi Yustisi, 500 Ribu Orang Langgar Prokes Korona

“Lahan baru ini merupakan perluasan dari atau tambahan dari lahan sebelumnya yang telah dibuka di kawasan Srengseng Sawah juga, yang telah penuh dengan 600 petak makam. Untuk itu, Pemprov DKI, melalui Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, memang terus menggiatkan pembersihan lahan untuk makam bagi pasien covid-19 yang meninggal dunia,” jelas Dedi yang berasal dari daerah pemilihan Jakarta Selatan VIII.

Dedi menambahkan, kebutuhan akan makam ini terus bertambah dari waktu ke waktu dan pemerintah daerah memang memiliki kewajiban menyediakan lahan makam bagi warga negara yang wafat. Penyediaan lahan makam adalah kewajiban yang diamanahkan melalui UU nomor 32 Tahun 2004 dan Perda nomor 3 tahun 2007 tentang Pemakaman.

“Sehingga setiap warga negara, memang berhak untuk dimakamkan secara layak menurut kepercayaan yang diyakini, dan menjadi tugas pemerintah untuk menyediakan lahan pemakaman tersebut,” sambung Dedi, yang juga Wakil Ketua Bapemperda DPRD DKI ini.

Kegiatan ini, masih menurut Dedi, juga sudah melalui pembahasan-pembahasan yang panjang di rapat-rapat DPRD bersama eksekutif Pemprov DKI.

“Hingga akhirnya memang, saat ini lahan-lahan tersebut sudah semestinya untuk bisa digunakan baik untuk taman pemakaman umum bagi pasien non-covid-19 dan yang wafat karena pandemi,” pungkas Dedi. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fakhri H

Polisi Bakal Lakukan Evaluasi Terkait Virtual Police

👤Yakub Pryatama 🕔Senin 01 Maret 2021, 11:45 WIB
Argo tak merinci berapa akun yang sudah terkena teguran oleh virtual police. Argo juga belum membeberkan soal ada atau tidaknya akun...
MI/Kisar Rajagukguk

Pos Polisi di Simpangan Depok Roboh, Timpa Polisi

👤Kisar Rajagukguk 🕔Senin 01 Maret 2021, 10:02 WIB
Pos polisi di Jalan Raya Bogor, Simpangan Depok, Kelurahan Jati Jajar, Kecamatan Tapos, Kota Depok roboh dan menimpa satu polisi yang...
Antara/Wahyu Putro

Sepekan, Persentase Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Turun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 28 Februari 2021, 22:43 WIB
Angka ini menurun bila dibandingkan 'positivity rate' mingguan pada 22 Februari lalu yang mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya