Senin 18 Januari 2021, 20:30 WIB

Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 Diperpanjang Tiga Hari

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 Diperpanjang Tiga Hari

Antara/Muhammad Adimaja
Pencairan korban dan puing pesawat penerbangan SJ 182

 

BADAN SAR Nasional (Basarnas) memperpanjang masa pencarian korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta selama tiga hari ke depan. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito di Posko JICT 2, Senin, (18/1). Bagus menjelaskan, alasan pihaknya memperpanjang operasi SAR Sriwijaya Air SJ 182 ialah untuk kemanusiaan. 

"Tentunya tim SAR gabungan berusaha sekuat mungkin melaksanakan evakuasi korban. Semakin banyak jumlah kantong yang kita temukan akan semakin bermanfaat bagi DVI dalam membantu proses identifikasi," paparnya. 

"Tentunya ada hari-hari yang hilang karena cuaca jelek dan ini kita kompensasi dengan perpanjangan operasi SAR itu sendiri. Jadi dua hal itu. Kita memahami situasi keluarga korban yang sangat mengharapkan untuk ditemukan dalam bentuk apapun," tambahnya. 

Baca juga : Hari ini, DVI Polri Identifikasi 5 Korban Sriwijaya Air SJ 182

Bagus menyatakan pihaknya akan fokus mengevakuasi korban. Tak hanya itu pencarian cockpit voice recorder (CVR) juga diintensifkan.. 

"Saya mau fokuskan kepada evakuasi korban dan melaksanakan evakuasi bagian CVR yang belum ketemu namanya Crash Survivable Memory Unit, atau CSMU," ujarnya. 

Adapun CSMU sendiri adalah bagian yang merekam data percakapan atau suara di kokpit. 

"Itu yang belum kita temukan. Artinya dalam tiga hari perpanjangan ini kalau nanti kita tentukan ada pengakhiran operasi SAR bukan berarti (pencarian) material kita stop. Tetap berlangsung. Kita juga tetap memantau atau memonitor situasi yang ada. Bila sewaktu-waktu ada yang ditemukan, kita melaksanakan kembali operasi SAR," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Abriawan Abhe

Buntut Penembakan di Cengkareng, Kapolri Perketat Penggunaan Senpi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:57 WIB
Melalui surat telegram yang dikeluarkan Kamis (25/2), Kapolri menginstruksikan pemberian senpi hanya untuk anggota yang memenuhi syarat dan...
Antara/Akbar Nugroho

DKI Pasang Separator untuk Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 26 Februari 2021, 10:11 WIB
Pemasangan separator berbahan beton sudah dimulai sejak Rabu (24/2) lalu. Rencananya, pembatas untuk jalur sepeda di Sudirman-Thamrin...
Antara

Pasar Cisalak Depok Rawan Pencurian Motor

👤Kisar Rajaguguk 🕔Jumat 26 Februari 2021, 08:30 WIB
Mayoritas kasus pencurian motor terjadi pada dini hari. Saat pedagang di Pasar Cisalak sibuk berjualan dan kondisi parkiran...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya