Rabu 28 Oktober 2020, 14:03 WIB

12.369 Personel Gabungan Kawal Demo Omnibus Law Hari Ini

Rahmatul Fajri | Megapolitan
12.369 Personel Gabungan Kawal Demo Omnibus Law Hari Ini

Antara
Ilustrasi

 

SEBANYAK 12.369 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP diturunkan untuk mengawal demo Omnibus Law UU Cipta Kerja hari ini.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan personel akan diterjunkan di tiga tempat yang menjadi aksi unjuk rasa dari elemen buruh dan mahasiswa, yakni Jalan Proklamasi, Patung Kuda, dan DPR RI.

"Sebanyal 12.369 personel gabungan TNI, Polri, aparat pemda yang kita turunkan untuk mengamankan tiga lokasi tersebut dan juga titik-titik yang jadi pengalihan arus. Lalu, mal dan pasar yang dianggap penting dilakukan pengamanan," kata Yusri, ketika ditemui di kantornya, Rabu (28/10).

Yusri mengatakan pihaknya juga menyiapkan 8 ribu personel cadangan yang ditempatkan di Monas dan Gedung DPR RI. Hal itu untuk berjaga-jaga jika situasi tak kondusif.

Baca juga : Ada Aksi Unjuk Rasa, Trans-Jakarta Alihkan Rute

"Ada personel cadangan sambil melihat situasi dan kekuatan nanti yang turun melakukan kegiatan demo atau penyampaian pendapat di muka umum," kata Yusri.

Lebih lanjut, Yusri mengatakan pihaknya meminta elemen yang menggelar aksi unjuk rasa untuk mengawal dan menjaga peserta aksi. Hal itu untuk mencegah adanya penyusup yang memprovokasi untuk berbuat rusuh. Selain itu, juga tak terprovokasi dengan pihak yang menginginkan kerusuhan.

"Jangan sampai mau terprovokasi, jangan sampai ada provokator yang masuk ke dalam situ. Siapa itu provokator? Orang yang ingin melakukan kerusuhan. kalau damai, kita akan ikuti layani semaksimal mungkin. Tapi, kita tidak pernah mau diam kalau ada kelompok anarkis yang melakukan kerusuhan. kita akan tindak tegas. itu sudah kita lakukan," kata Yusri. (OL-2)

 

Baca Juga

MI/Faustinus Nua

Tim Pemburu Covid-19 Bubarkan Kerumunan di Tempat Hiburan Malam

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:52 WIB
Setelah kerumunan pengunjung dibubarkan, tim pun menyegel tempat hiburan malam tersebut selama 3 x 24 jam. Pembubaran berjalan dengan...
antara

Kenaikan Pendapatan DPRD DKI untuk Kegiatan Masyarakat

👤 (Hld/Ant/J-1) 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:20 WIB
KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan bahwa Rencana Kerja Tahunan (RKT) yang beredar di masyarakat tidak benar dan...
Dok MI

Jakarta Diprediksi Hujan Mulai Minggu Pagi

👤Ant 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:00 WIB
Pada malam hari, langit Jakarta didominasi berawan, kecuali wilayah Kepulauan Seribu yang diguyur hujan berintensitas...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya