Senin 19 Oktober 2020, 17:31 WIB

Libur Panjang, Masyarakat DKI Diimbau Tetap di Rumah

Hilda Julaika/ Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Libur Panjang, Masyarakat DKI Diimbau Tetap di Rumah

MI/Rommy Pujianto
Ilustrasi

 

MASYARAKAT Jakarta diimbau untuk tetap berada di rumah saat libur panjang akhir Oktober ini meskipun sejumlah tempat usaha telah dibuka. Alasannya, momen libur panjang ini diprediksi bisa membuat lonjakan kasus covid-19 kembali terjadi.

Seperti diketahui, akhir Oktober ini ada libur dimulai dengan Maulid Nabi Muhammad pada Kamis (29/10) diikuti dengan cuti bersama pada Rabu dan Jumat. Ditambah dengan libur akhir pekan di Sabtu dan Minggu.

“Semua warga Jakarta yang keluar daerah untuk itu kami mengimbau dan meminta pada libur panjang di akhir Oktober ini ada libur panjang kurang lebih sampai 5 hari kita minta supaya sedapat mungkin warga Jakarta tidak keluar kota apalagi melakukan kegiatan-kegiatan kerumunan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Jakarta, Senin (19/10).

Menurutnya, warga Jakarta harus belajar dari adanya libur panjang di bulan sebelumnya yang menyumbang pada peningkatan kasus covid-19. Karena saat adanya libur, potensi orang yang keluar rumah semakin besar. Implikasinya ada potensi penyebaran virus covid-19 lebih besar.

Baca juga : Nekat Bawa Pulang Jenazah Covid-19, Denda Rp7,5 Juta

“Kita belajar dari peristiwa dua kali libur panjang di Jakarta ini terjadi peningkatan signifikan. Dan tentu sebagaimana sering kami sampaikan kalau ada pelonggaran di mana pun itu artinya potensi orang yang keluar rumah meningkat potensi orang yang berinteraksi meningkat dan potensi kerumunan bisa meningkat pada akbirnya juga potensi pernularan penyebaran bisa meningkat,” paparnya.

“Untuk itu tempat yang terbaik sebagaimana sering disampaikan pak Gubernur adalah tetap berada di rumah kecuali bagi mereka yang penting sekali sedapat mungkin kita berada di rumah,” tegasnya.

Terutama bagi anak-anak yang masih berada di bawah usia 9 tahun dan orang tua di atas 60 tahun. Riza meminta untuk tetap berada di rumah saja. Dengan tetap terus menerapkan protokol kesehatan covid-19.

“Terlebih bagi anak-anak di bawah 9 tahun dan orang tua di atas 60 tahun kita minta tetap berada di rumah. Jadi sekali lagi mohon di masa pelonggaran transisi ini ada beberapa unit usaha kita buka. Namun demikian tetap berada.di rumah dan terus melaksanakan protokol covid-19 3M,” pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok MI

Pemuda di Tangerang Sekap dan Perkosa Perempuan 16 Tahun

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 23:42 WIB
Korban tidak kenal dengan pelaku, namun diketahui pelaku adalah teman dari teman lelaki...
Dok Polri

Polri Yakini Keterangan Putri Candrawathi Ungkap

👤MGN 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:57 WIB
"Faktor pemicu kejadian sebagaimana diungkapkan Pak FS (Ferdy Sambo)," ujar...
dok.ist

Sahabat Sandi Gelar Pelatihan Barista untuk Ciptakan Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 22:18 WIB
SANDIUNO menggelar pelatihan Barista Kopi di Seso' Jl Tanah Abang II No.44, Jakarta Pusat. Kegiatan tersebut guna mengasah keterampilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya