Minggu 13 September 2020, 11:50 WIB

PSBB Jakarta tidak Boleh Setengah-setengah

Atikah Ishmah Winahyu | Megapolitan
PSBB Jakarta tidak Boleh Setengah-setengah

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pengunjung Stadion GBK jelang pemberlakuan psbb total

 

PAKAR epidemiologi Universitas Gadjah Mada Bayu Satria Wiratama menilai kebijakan pemberlakuan kembali PSBB di DKI Jakarta merupakan keputusan tepat. Hal ini dikarenakan kondisi di Jakarta mengalami lonjakan kasus covid-19 yang cukup tinggi dan kapasitas di rumah sakit mulai penuh.

Menurutnya, pelaksanaan PSBB kali ini tidak boleh setengah-setengah agar tidak kembali terjadi peningkatan kasus jika nantinya PSBB dibuka.

"Dalam situasi ini PSBB tepat dilakukan. Namun, pelaksanaannya harus benar-benar ketat, terutama mobilitas antarwilayah yang masuk ke Jakarta dari daerah lain dan pembatasan aktivitas yang bergerombol lebih dari dua orang," kata Bayu dalam pernyataan tertulis yang dikutip Media Indonesia, Minggu (13/9).

Di samping itu, PSBB juga harus dipersiapkan secara matang. Pasalnya, pemberlakukan PSBB memiliki konsekuensi ekonomi dan sosial yang tinggi.

"PSBB punya beban yang berat ke ekonomi dan psikologis jadi perlu dipikirkan benar-benar," imbuhnya.

Baca juga: PSBB Total Jilid II, Anies: SIKM Ditiadakan

Agar PSBB bisa berjalan efektif, Bayu menilai daerah-daerah penyangga Jakarta seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi juga perlu melakukan PSBB. Pembatasan dilakukan secara serentak bersama daerah-daerah penyangga.

Dia pun kembali menegaskan PSBB harus dilakukan dengan ketat agar bisa menekan penyebaran covid-19 secara optimal dan efektif. Pemprov DKI Jakarta perlu membatasi akses masuk ke Jakarta maupun pembatasan aktivitas warga serta perkantoran.

"Karena kalau PSBB tapi akses masuk dari Jakarta tidak ditutup total dan pembatasan aktifitas tidak jalan ya akan gagal," tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/GALIH PRADIPTA

Hampir Kolaps, PHRI DKI Minta Ada Keringanan Beban Pajak

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 17 Januari 2021, 19:45 WIB
Pasalnya hotel dan restoran menjadi subsektor yang paling terpuruk akibat pandemi covid-19. Bahkan diperkirakan menjadi yang paling...
Facebook Raffi Ahmad

Kasus Raffi Langgar Prokes akan Dirilis di Polda Metro Jaya?

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 17 Januari 2021, 19:31 WIB
Kapolres Jakarta Selatan Kombes Aziz Andriansayah mengatakan kasus tersebut nantinya akan disampaikan langsung oleh Polda Metro...
1MI/Susanto

Polisi Tangkap Belasan Pemalsu Surat Tes PCR

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 17 Januari 2021, 18:54 WIB
Sindikat pemalsuan surat hasil tes PCR diamankan tim gabungan dari Polresta Bandara Soetta, Kemenhub dan TNI. Adapun identitas pelaku...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya