Senin 06 Juli 2020, 12:25 WIB

Terkait Kasus Denny Siregar, Bagaimana Memproteksi Data Pribadi?

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Terkait Kasus Denny Siregar, Bagaimana Memproteksi Data Pribadi?

Medcom
Ilustrasi

 

Ahli digital forensik Ruby Zukri Alamsyah mengungkapkan beberapa cara untuk mengantisipasi kebocoran data pribadi yang diretas dari telepon seluler. Hal ini berkaitan dengan kasus pegiat media sosial (medsos) Denny Siregar yang tidak terima data pribadinya dibocorkan di medsos oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ruby menjelaskan hal pertama yang harus dilakukan warga untuk mengantisipasi kebocoran data ialah jangan pernah mengunggah apapun yang terkait data pribadi di medsos atau website.

"Kalau sudah terlanjur posting, segera pastikan telah ada di mana saja lalu hapus," kata Ruby kepada mediaindonesia.coom, Jakarta, Senin (6/7).

Lalu Ruby menambahkan bahwa masyarakat jangan pernah menggunakan aplikasi mobile yang tidak jelas developer-nya atau tidak resmi. Misalnya aplikasi peminjaman online yang tidak memiliki izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Data Seluler Bocor, Warga Bisa Tuntut Provider ke Polisi

Langkah berikutnya, Ruby menegaskan masyarakat jangan pernah memberikan data pribadi, yaitu KTP, Kartu Keluarga (KK) atau lainnya ke pihak-pihak yang tidak resmi, antara lain yang diminta oleh aplikasi fintech ilegal.

"Pastikan email yang kita gunakan untuk platform medsos benar-benar aman, menggunakan password yang baik, hanya menggunakan device seperti handphone atau komputer pribadi untuk login, dan gunakan fitur 2FA (Two Factor Authentication)," jelas Ruby.

Lalu, pastikan handphone warga aman dari segala jenis malware atau spyware. Selain itu, menurut Ruby, jangan pernah share kode OTP yang diterima via SMS di telepon seluler kepada pihak lain.

"Warga harus bisa mulai mengatur dan mengontrol sendiri aktifitasnya di medsos maupun penggunaan aplikasi mobile, baik itu e-commerce, fintech ilegal maupun aplikasi lainnya," pungkas Ruby. (OL-14)

 

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Ragam Teknologi Pengolahan Sampah Siap Perkuat ITF Sarana Jaya

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 22:15 WIB
BERAGAM teknologi pengolahan sampah akan diterapkan secara tepat guna dan ramah lingkungan dengan cara perubahan bentuk, komposisi,...
MI/Andri Widiyanto.

Pemkot Jakarta Pusat Audit Sumur Resapan di 400 Perkantoran

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:36 WIB
Pemkot Jakarta Pusat telah membentuk tiga tim untuk mengecek pembangunan sumur resapan perkantoran yang berada di tiga...
Antara/Muhamamd Iqbal

Begini Cara Kerja Desk Collection Pinjol Ilegal menjalankan Aksinya 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 21:19 WIB
Helmy menjelaskan bahwa cara kerja tersangka yang biasa disebut desk collection ini biasanya mengirimkan SMS secara terus-menerus hingga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya