Minggu 10 Mei 2020, 23:26 WIB

Jakarta Diprediksi Masih Physical Distancing Pascapandemi

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Jakarta Diprediksi Masih Physical Distancing Pascapandemi

MI/Siswantini Suryandari
MRT Jakarta memberlakukan jaga jarak pada tempat duduk dengan ditandai silang untuk mencegah penularan virus korona

 

MESKI belum pasti mengetahui kapan pandemi Covid-19 di Jakarta berakhir, Vice president Asian Development Bank (ADB) Bambang Susantono memprediksi jalannya transportasi di Jakarta.

Ia menyebut, situasi di dalam halte, terminal atau stasiun bahkan di dalam kendaraan masih menerapkan physical distancing atau menjaga jarak dengan yang lain.

"Memang physical distancing itu berlawanan dengan arti massal sendiri. Tapi, kapasitas kendaraan juga tidak dilakukan secara normal usai pandemi. Warga tetap menjaga jarak saat mengantre karcis," ujar Bambang dalam diskusi 'Menjaga Transportasi di Jakarta tetap Lancar Pascapandemi Korona' secara virtual, Jakarta, Minggu (10/4).

Ia mencontohkan negara seperti Swiss, Korea, dan Beijing yang perlahan kembali normal usai pandemi tersebut. Menurutnya, di negara tersebut sudah menerapkan cashless dan pengurangan kontak secara langsung. Mereka mengandalkan aplikasi yang disiapkan pemerintah, jika ingin menaiki transportasi. "Yang menarik di Beijing itu mereka sediakan aplikasi untuk menjadwalkan keberangkatan warga di stasiun. Misalnya si A jam sekian naik keretanya. Hal itu untuk mencegah adanya antrian panjang," jelas Bambang.

Di negara maju lainnya, katanya, warga mengurangi intensitas menggunakan transportasi. Menurut Bambang, banyak dari mereka yang bakal berjalan kaki atau bersepeda selama beraktivitas. "Paling aman mereka menggunakan kendaraan pribadi. Tapi untuk di sini, pemerintah apakah mau menyediakan aplikasi seperti di Korea atau Tiongkok itu, kita lihat nanti," kata Bambang.

Pascapendemi juga, sebutnya, ketidakpercayaan atau distrust antara warga dengan lain juga masih tinggi. Penggunaan masker dan cuci tangan juga tidak akan ditinggalkan meski pandemi Covid-19 berakhir. (OL-12)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Giring Sebut hanya Firaun yang Bisa Kerjakan Proyek JIS

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 23 Januari 2022, 08:20 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha Djumaryo menyebut proyek Firaun untuk Jakarta International Stadium...
Dok. Tangcity Mall

Sambut Imlek, Tangcity Mall Gelar Hoki Panda Town 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 21:58 WIB
Sederet aktivitas digelar agar tiap anggota keluarga merasakan kemeriahan sambil mendapat pengalaman baru yang bermanfaat di suasana Tahun...
Dok. Sahabat Ganjar

Sahabat Ganjar Bagi Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19 di Jakarta 

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 20:49 WIB
Pada kegiatan sosial kali ini dihadiri oleh DPW Sahabat Ganjar Jakarta, DPC Sahabat Ganjar masing-masing Kota Jakarta dan relawan Sahabat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya