Selasa 14 Januari 2020, 23:30 WIB

Pungutan Liar Surat Kematian Dikeluhkan Warga Bekasi

(Gan/J-4) | Megapolitan
Pungutan Liar Surat Kematian Dikeluhkan Warga Bekasi

istimewa
Contoh surat kematian yang dikeluarkan pihak kelurahan.

 

WARGA Kota Bekasi mengeluhkan kasus dugaan pungutan liar terkait proses pengurusan surat kematian di Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur. Keluhan itu dilontarkan Hardi, 45, warga RT002/06 yang mengaku kehilangan anaknya pada Desember 2019.

Menurut dia, warga selaku pemohon dipatok biaya administrasi Rp550 ribu untuk penerbitan dokumen tersebut. "Karena diminta dan saya butuh untuk klaim asuransi Jasa Rahaja, ya mau gak mau saya bayar," kata Hardi, kemarin.

Saat hendak mengurus surat kematian, terang dia, pihak kelurahan justru meminta biaya administrasi. Ia juga tidak hafal identitas staf kelurahan yang mematok tarif dokumen. "Saya lupa namanya siapa, tapi ya begitu bilangnya."

Lurah Margahayu, Andi Widyo membantah informasi pungli yang terjadi di kantornya. "Pelayanan gratis. Makanya Saya tanya itu melalui siapa? Nanti saya akan cari tahu dan perintahkan agar dana dikembalikan tentunya mereka (oknum) akan kena sanksi, janjinya.

Dalam kesempatan berbeda, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bekasi, Muhammad Taufik menegaskan semua pengurusan dokumen kependudukan termasuk surat kematian tidak dipungut biaya alias gratis. Ia memastikan bakal menelusuri informasi pungli yang dikeluhkan warga Kelurahan Margahayu. Pun bila terbukti ada oknum yang kedapatan bersalah, pihaknya akan memberikan sanksi tegas sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kita akan telusuri dulu apa betul informasi itu. Sebab sampai saat ini laporan adanya dugaan pungli belum kami terima. Warga yang merasa di pungli kami harap melaporkannya. Kami akan tindak" pungkas Taufik. (Gan/J-4)

Baca Juga

MI/Arya Manggala

Kenaikan Anggaran DPRD DKI Masih Ditelaah Kemendagri

👤Despian Nurhidayat 🕔Jumat 04 Desember 2020, 22:06 WIB
Rencana kerja DPRD DKI masuk dalam APBD yang disusun oleh pemerintah daerah dan ditetapkan oleh...
Antara

Sejumlah Bar di Jakarta Langgar Protokol Kesehatan

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 04 Desember 2020, 22:03 WIB
Bar yang disidak, antara lain Tipsy Monkey Bar & Lounge Jakarta Utara, 80 PROOF Bar & Club, Ruko Cordoba Jakut, Nu China Jakarta...
MI/ Insi Nantika Jelita

Ketua DPRD DKI Bantah Ada Penambahan Gaji Dewan

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 04 Desember 2020, 21:34 WIB
"Tidak ada sama sekali ada kenaikan gaji. Tetapi kalau penambahan kegiatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya