Kamis 28 November 2019, 20:07 WIB

Ini Strategi Pemprov DKI Atasi Macet Tahun Depan

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Ini Strategi Pemprov DKI Atasi Macet Tahun Depan

MI/Bary Fatahillah
kemacetan panjang di Pasar Minggu, Jakarta Selatan

 

DINAS Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan sejumlah strategi mengatasi kemacetan di ibu kota tahun depan. Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengungkapkan, salah satunya ialah penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP).

"Beberapa program kita prioritaskan dengan bertujuanya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas. Kami juga meningkatkan kualitas layanan angkutan umum," jelas Syafrin saat dihubungi, Jakarta, Kamis (28/11).

Syafrin menuturkan pada 2020 semua angkutan umum harus sudah tergabung dengan sistem Jak Lingko. Angkot yang berada di Jakarta tidak berhenti (ngetem) sembarangan karena sudah mengacu pada sistem rupiah per kilometer.  Selanjutnya, jalur TransJakarta juga akan terintegrasi dengan MRT dan LRT.

Baca juga : Pengecoran Jalan Sebabkan Macet di Sejumlah Titik di Jakarta

Diketahui, TransJakarta menargetkan ada 1.441 unit angkot yang berubah unit menjadi Mikrotrans sebagai bentuk kerja sama dengan operator angkutan kota. Namun, angka realisasinya telah melampaui targer yakni mencapai 1.547 unit.

"Kami juga akan merevitalisasi terminal untuk meningkatkan kualitas angkutan umum," kata Syafrin.

Secara terpisah, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menuturkan, pihaknya memprioritaskan untuk peralihan moda transportasi dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.

"Untuk menunjang ke arah tersebut, tentunya kita membuat kenyamanan dan keamanan pejalan kaki untuk menuju integrasi moda trasportasi dengan merevitalisasi trotoar. Prosesnya sudah 85% revitalisasi tersebut," tandas Hari. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Efek Rizieq, Anies Copot Wali Kota Jakpus

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 28 November 2020, 13:51 WIB
Irwandi terhitung mulai menjadi Plh Wali Kota Jakarta Pusat pada 25 November sampai pejabat definitif kembali dapat melaksanakan...
Medcom

Dishub Tutup Perlintasan Sebidang Palmerah Sabtu Malam

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 28 November 2020, 11:10 WIB
Pemprov DKI Jakarta sebelumnya sudah melakukan penataan terhadap empat kawasan stasiun yakni Tanah Abang, Sudirman, Pasar Senen, dan...
AFP

Sepekan Beroperasi, RSD Wisma Makara UI Terisi Penuh Pasien Korona

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 28 November 2020, 09:45 WIB
RSD Wisma Makara Universitas Indonesia (UI) Kota Depok mencatat jumlah pasien korona atau covid-19 yang di rawat hingga Sabtu (28/11)...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya