Jumat 02 Agustus 2019, 12:08 WIB

Pertamina Siap Bertanggung Jawab Penuh Atas Tumpahan Minyak

M Iqbal Al Machmudi | Megapolitan
Pertamina Siap Bertanggung Jawab Penuh Atas Tumpahan Minyak

ANTARA/M Ibnu Chazar
Petugas menyelesaikan pemasangan peralatan Oil Boom milik OSCT untuk melokalisasi tumpahan minyak mentah di Pantai Sedari, Cibuaya, Karawang

 

TUMPAHAN minyak yang terjadi pada 22 Juli mengakibatkan tercemarnya perairan di sejumlah pulau termasuk Kepulauan Seribu. Menanggapi hal tersebut Pertamina mengaku akan bertanggung jawab penuh. Hal itu ditegaskan Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Syamsu, Jumat (2/8).

Pihaknya berjanji akan menemui warga yang terdampak langsung terutama warga Kepulauan Seribu. Nantinya, Pertamina akan melakukan pertemuan dan diskusi terkait kerugian yang dialami warga.

"Kami datang ke sana untuk mengatakan kami hadir untuk berdiskusi dan bertanggung jawab apa pun akibat dari oil spill. Ini yang telah mengganggu aktivitas masyarakat di sana," kata Dharmawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (2/8).

Pertamina juga mulai bekerja sama dengan Kementerian Kelautan, dan Perikanan (KKP) dengan menggunakan satelit imagery yang dipakai untuk membantu pergerakan dari oil spill.

Pertamina juga mencegah tumpahan minyak meluas dengan menggunakan kapal yang juga bekerjasama dengan KKP.

"Filosinya spill harus diangkat secepat mungkin saat masih di laut. Jadi ada beberapa kapal yang akan melakukan pengerjaan," pungkasnya.

Baca juga: Tujuh Pulau Seribu Terdampak Tumpahan Minyak Pertamina

Namun yang sudah mendarat di pulau-pulau, baik Pemprov dan Pertamina yang harus sikapi segera.

"Hari ini juga saya perintahkan tim berangkat ke sana (Kepulauan Seribu). menambah tim yang disana," cetus Dharmawan.

Dirinya berharap tumpahan minyak bisa diangkat dengan segera. Sudah beberapa titik di daerah dan derah tanjung Bekasi dilakukan upaya itu. Pihak Pertamina juga nantinya akan bekerja sama dengan polisi air dan udara untuk memonitor.

Tidak tinggal diam, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah bertemu perwakilan pihak Pertamina di Balai Kota DKI pagi tadi. Pertemuan tersebut untuk menjelaskan yang peristiwa yang terjadi.

Selain itu, Pemprov juga akan mengadakan pertemuan dan rapat koordinasi dengan pihak Pertamina untuk mencari solusi yang akan dilakukan pekan depan.

"Ke depannya akan ada tim bersama dari Pemprov DKI dan Pertamina untuk satu mendatangi masyarakat melihat berinteraksi langsung dan memastikan bahwa apa yang menjadi masalah dari masyarakat kami selesaikan," jelas Anies. (OL-2)

Baca Juga

Antara/Arif Firmansyah.

Pemkot Bekasi Gandeng Ritel Modern Jual Minyak Goreng Murah

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:05 WIB
Beberapa gerai di Kota Bekasi telah bekerja sama untuk menjual minyak goreng satu harga di Rp14 ribu per...
dok.mi

Salah Paham Dikira Curi Mobil Dihakimi Warga Hingga Tewas

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 23 Januari 2022, 13:30 WIB
SEORANG pengemudi mobil berinisial HM (80), meregang nyawa setelah dihakimi massa di Jalan Pulo Kambing, kawasan Pulogadung, Jakarta Timur,...
dok.ant

Besok, Biskita Transpakuan Bogor Beroperasi Lagi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 23 Januari 2022, 11:15 WIB
BPTJ Kementerian Perhubungan memastikan bahwa BISKITA Trans Pakuan di Kota Bogor mulai besok, Senin (24/1) beroperasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya