Selasa 30 Juli 2019, 15:40 WIB

Dilarang Jual Hewan Sakit, Penjual Kurban Bakal Dapat Stiker

Gana Buana | Megapolitan
Dilarang Jual Hewan Sakit, Penjual Kurban Bakal Dapat Stiker

. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/foc.
PEMERIKSAAN HEWAN KURBAN

 

PEMERINTAH Kota Bekasi melarang penjualan hewan kurban dengan kondisi sakit. Rencanannya, penjual hewan kurban yang memenuhi kriteria akan diberikan stiker penanda.

“Kalau sakit atau kurang dari kriteria tidak boleh dijual, penjual harus memperhatikan hewan kurban yang mereka jual,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Momon Sulaeman, Selasa (30/7).

Momon menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menindaklanjuti surat edaran Wali Kota Bekasi dengan para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Camat dan Lurah setempat untuk menjaga kualitas hewan kurban yang dijual pada lebaran Idul Adha 1440 H. Hewan kurban yang dijual, harus memenuhi empat unsur ASUH yakni Aman, Sehat, Utuh dan Halal.

Hewan kurban, lanjut Momon, harus aman dari sejak didatangkan dari daerah asal sampai di jual. Sehat, hewan tersebut pun harus dijaga makanannya serta diberi obat yang sesuai agar sehat.

Ia menambahkan hewan yang sehat biasanya memiliki bulu yang bersih, mengkilat, berwajah cerah dan gerakannya lincah. Nafsu makan hewan juga baik serta suhu tubuhnya normal alias tidak demam.

Baca juga: Warga Harus Teliti Pilih Hewan Kurban

Sementara untuk fisiknya, hewan tidak boleh pincang, buta dan telinga tidak rusak. Untuk kambing dan domba umur di atas 1 tahun ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap. Sedangkan sapi dan kerbau harus berumur di atas 2 tahun dengan ditandai tumbuh sepasang gigi tetap.

“Sedangkan halal, penyembelihan hewan harus secara syari, ini sudah kita datangkan para Julaiha, juru sembelih hewan,” jelas Momon.

Adapun, tim yang akan memeriksa kesehatan hewan kurban sudah dibentuk. Rencanannya sejak H-7 Idul Adha tim mulai diterjunkan.

“Satu tim terdiri dari tujuh orang gabungan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) serta beberapa dokter hewan dan veteriner lainnya,” tandas dia.(OL-5)

Baca Juga

Dok. El Salvaje

Rayakan Anniversary, El Salvaje Tangerang Gelar Zumba Party, Line Dance Show, dan Boxing Demo 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 07:36 WIB
El SalvaDance akan menampilkan kegiatan olahraga dan hiburan yang menyenangkan, mulai dari Zumba Party yang akan diisi oleh instruktur yang...
MI/HO

Mak Ganjar Bagikan 500 Pohon Cabai Dari Rumah ke Rumah di Jakpus

👤Selamat Saragih 🕔Senin 30 Januari 2023, 00:15 WIB
SUKARELAWAN Mak Ganjar membagikan 500 pohon cabai ke rumah-rumah warga di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (29/01/2023), untuk ajang...
MI/  Solmi Suhar

Pemalak Sopir Truk di Cengkareng Raup Rp150 Ribu/ Hari

👤Rahmattul Fajri 🕔Minggu 29 Januari 2023, 18:28 WIB
Ali mengatakan para pelaku memalak para sopir truk dengan cara meminta secara paksa dan mengancam dengan kata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya