Sabtu 11 Mei 2019, 11:00 WIB

Anies Serukan Orangtua Cegah Anak Konvoi

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Anies Serukan Orangtua Cegah Anak Konvoi

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyerukan tokoh masyarakat dan orangtua untuk melarang anak-anak mereka dan remaja melakukan konvoi dan kebut-kebutan jelang sahur selama Ramadan.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat, mulai RT/RW, kemudian tokoh masyarakat, mengajak lingkungannya untuk menjauhi kebut-kebutan menjelang sahur. Jadi, jaga itu dan orangtua cek dimana anak-anak mereka. Pastikan anaknya tidak ikut dalam kegiatan itu,” kata Anies, kemarin.

Larangan itu diserukan Anies merespons video geng motor melintas di kawasan Dukuh Atas dengan menenteng senjata tajam. Video tersebut viral di media sosial.

Anies menambahkan, ajakan dan nasihat dari tokoh masyarakat setempat dan orangtua merupakan bagian upaya untuk menghentikan kegiatan tersebut. Pasalnya, apabila hanya dengan penegakan aturan, kejadian serupa akan terus terulang.

“Kalau hanya penegakan aturan saja jadinya kucing-kucingan terus, kalau tidak ada usaha untuk meng­hentikannya. Jadi, untuk para orangtua pastikan sahur di rumah atau di lingkungan dan justru jangan di massa seperti itu,” tegas Anies.

Dia tak memungkiri pihaknya juga akan meminta kepolisian untuk melakukan tidakan yang dinilai dapat meresahkan masyarakat di bulan suci Ramadan.

“Kita bekerja sama dengan aparat kepolisian nanti yang akan melaku­kan penindakan-penindakan apabila menyangkut pelanggaran-pelanggaran pidana,” lanjutnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pihaknya akan menelusuri kejadian yang meresahkan masyarakat tersebut. “Ya, akan kami telusuri,” kata Argo.

Kepolisian Metro Jaya tentunya akan lebih dahulu memastikan lokasi dan waktu kejadiannya. “Dicek dulu kejadian kapan, di mana, dan waktunya kapan,” terangnya.

Sebelumnya, video viral yang diunggah di akun Instagram @warung_jurnalis dengan durasi 20 detik itu, memperlihatkan gerombolan anak muda berboncengan me­ngendarai motor melintas di kolong jembatan dari arah Dukuh Atas ke Manggarai. Selain tidak memakai helm dan kebut-kebutan, mereka berteriak sambil menenteng celurit besar. (Fer/J-2)

 

Baca Juga

Dok. TransJakarta

Integrasi Bertambah, Operator Koantas Bima Gabung TransJakarta 

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 02 Desember 2021, 20:18 WIB
“Hari ini tambah lagi jejaring Jak Lingko kita, sehingga bisa menjangkau lebih banyak. Kita semua tahu bahwa sebuah kota modern...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Lantai Dua Gedung Cyber 1 Terbakar, Satu Orang Meninggal Dunia

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:27 WIB
Selain satu korban meninggal dunia, terdapat dua korban lainnya yang pingsan dan tak sadarkan...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Gedung Cyber 1 Terbakar, Ada Warga Terjebak

👤 Hilda Julaika 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:10 WIB
Terkait penyebab kebakaran Gedung Cyber 1 belum diketahui. Termasuk soal jumlah kerugian yang belum bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya