Selasa 03 Januari 2023, 10:27 WIB

Sudah 3 Hari Bocah Vietnam Terjebak di Pipa Sedalam 35 meter

Cahya Mulyana | Internasional
Sudah 3 Hari Bocah Vietnam Terjebak di Pipa Sedalam 35 meter

AFP
Tim penyelamat berada di lokasi tempat bocah berusia 10 tahun terjebak di dalam pipa dengan kedalaman 35 meter.

 

SEJAK Sabtu (31/12), seorang anak berusia 10 tahun, Thai Ly Hao Nam, terperangkap di dalam pipa beton dengan diameter 25 cm di Dong Thap, Vietnam. Sebelum terperosok ke dalam lubang itu, dia bersama tiga temannya sedang mencari besi tua.

Pihak berwenang setempat masih berpacu dengan waktu untuk menyelamatkan bocah itu dari lubang dengan kedalaman 35 meter. Hingga Selasa (3/1), bocah tersebut belum dapat diselamatkan dan kondisi kesehatan mulai menurun.

Anak itu masuk ke dalam salah satu tiang pancang proyek jembatan Roc Sen, yang dibangun enam bulan lalu. Namun tiang pancang beton yang ditanam ke tanah itu tidak ditutup.

Baca juga: Pemerintah Diminta Tidak Berikan Konsesi ZEE ke Vietnam

Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh mengeluarkan instruksi untuk percepatan penyelamatan. Dia memerintahkan Komite Rakyat Dong Thap untuk mengerahkan semua kekuatan untuk menyelamatkannya.

Dia juga memerintahkan menteri pertahanan nasional, keamanan publik, transportasi, dan konstruksi untuk segera memobilisasi para ahli. Selain itu, dia menugaskan pasukan yang kompeten dengan pengalaman untuk mendukung penyelamatan.

Otoritas setempat mengatakan prognosis kesehatan anak laki-laki itu memburuk. Ratusan petugas pemadam kebakaran dan polisi berupaya mengevakuasinya dengan ekskavator, crane, dan auger.

Silinder oksigen telah dibawa ke tempat kejadian untuk membantu bocah itu bernapas. Air mineral juga diberikan kepada bocah itu tetapi sejak hari kejadian, namun dia tidak meminumnya.

Tim penyelamat telah mengebor lebih dari 30 meter di sebelah pipa itu, dan membutuhkan lima meter lagi untuk mencapainya. Direktur Departemen Transportasi Dong Thap Le Hoang Bao mengatakan tim bertekad untuk menarik pipa itu.

Seorang petugas pemadam kebakaran dari Kota Ho Chi Minh, yang memiliki pengalaman penyelamatan menilai kasus ini sangat rumit. Penyebabnya, bocah itu terjebak di pilar yang terlalu sempit untuk dimasuki.

“Satu-satunya solusi adalah dengan menarik pilar ke atas,” katanya. (Straits Times/OL-1)

Baca Juga

Dok Kementerian Luar Negeri

Indonesia Salurkan Bantuan Tahap I untuk Korban Gempa Turki

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:47 WIB
Kondisi di lokasi gempa tergolong berat sehingga menyulitkan akses masuk, khususnya di Gaziantep City Center, Nurdagi, Hatay dan...
AFP

Zelensky Kunjungi Inggris untuk Jemput Bantuan

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:50 WIB
Ukraina akan mendapatkan bantuan dari Inggris berupa pelatihan pilot jet...
AFP/Citra satelit ©2023 Maxar Technologies.

Kebanyakan WNI di Suriah dan Turki Berada di Zona Aman

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 08 Februari 2023, 21:33 WIB
MAYORITAS Warga Negara Indonesia (WNI) di Suriah dan Turki dalam kondisi selamat dan berada di daerah yang tidak terdampak gempa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya