Sabtu 12 November 2022, 11:43 WIB

17 Pemimpin Ekonomi Terbesar di Dunia akan Kunjungi Bali

Cahya Mulyana | Internasional
17 Pemimpin Ekonomi Terbesar di Dunia akan Kunjungi Bali

AFP
Ilustrasi

 

Sebanyak 17 pemimpin anggota G20 telah mengkonfirmasikan akan berkunjung ke Bali pada 15 dan 16 November untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kelompok tersebut. Sementara tiga sisanya yakni Rusia, Brazil dan Meksiko tidak akan hadir namun telah mengirimkan perwakilan.

"Pemerintah Indonesia, hingga saat ini, telah menerima konfirmasi kehadiran langsung 17 pemimpin G20 pada saat KTT. Total kehadiran para pemimpin, termasuk Presiden Jokowi, adalah 36 orang dari total 41 peserta," ungkap pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri, Sabtu (12/11).

Dari pihak negara G20, lanjut pernyataan itu, Brazil dan Mexico telah menginformasikan bahwa Presiden mereka tidak dapat hadir. Mexico akan diwakili oleh Menteri Luar Negeri, sementara untuk Brazil masih dilakukan komunikasi mengenai bentuk partisipasi Presiden Brazil yang direncanakan secara virtual.

"Pada 8 November 2022, Kementerian Luar Negeri telah menerima nota diplomatik dari Kedubes Rusia di Jakarta yang menyampaikan bahwa Presiden Putin tidak dapat hadir di Bali (in person)," tambah pernyataan itu.

Dari pihak undangan, Pemerintah Fiji karena tengah menjalani pemilihan umum mengirimkan utusan khusus (special envoy). Di samping itu Presiden Ukraina juga berpartisipasi secara virtual

Kehadiran 17 pemimpin G20 termasuk Indonesia ditambah delapan dari 10 negara undangan dan pemimpin 10 Organisasi Internasional merupakan tingkat kehadiran yang sangat tinggi dan mencerminkan komitmen bersama untuk pastikan G20 tetap efektif di tengah situasi yang sangat sulit saat ini. (OL-12)

 

Baca Juga

 Yuri KADOBNOV / AFP

Rusia Gunakan Musim Dingin Sebagai Senjata

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 29 November 2022, 11:15 WIB
 Otoritas Kyiv telah mempersiapkan evakuasi untuk menghindari korban...
Yevhen TITOV / AFP

Zelensky Minta Rakyatnya Antisipasi Serangan Gencar Rusia

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 29 November 2022, 09:46 WIB
Volodymyr Zelensky memperkirakan serangan baru minggu ini bisa sama buruknya dengan minggu lalu yang menghancurkan insfrastruktur listrik...
AFP

Rishi Sunak: Era Emas Hubungan Inggris dan Tiongkok Sudah Berakhir

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 29 November 2022, 08:41 WIB
Kini Inggris siap bersaing dengan Negeri Tirai Bambu termasuk mencegahnya mendominasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya