Senin 31 Oktober 2022, 12:36 WIB

Korban Tewas Meningkat di Filipina setelah Badai Tropis Nalgae

Ferdian Ananda Majni | Internasional
Korban Tewas Meningkat di Filipina setelah Badai Tropis Nalgae

AFP-Philippines Coast Guard
Ilustrasi

 

Korban tewas akibat badai yang melanda Filipina dalam beberapa hari terakhir telah meningkat menjadi 98 orang. Badan bencana nasional mengatakan Senin (31/10), kini lebih banyak mayat ditemukan.

Lebih dari setengah dari korban jiwa berasal dari serangkaian banjir bandang dan tanah longsor yang menghancurkan desa-desa di pulau selatan Mindanao pada hari Jumat.

“Kami telah mengalihkan operasi kami dari operasi pencarian dan penyelamatan ke operasi pengambilan karena peluang bertahan hidup setelah dua hari hampir nol,” kata kepala pertahanan sipil wilayah Bangsamoro, Naguib Sinarimbo di Mindanao.

Saat tim penyelamat mencari lebih banyak mayat di lumpur dan puing-puing, para penyintas Badai Tropis Nalgae melanjutkan tugas memilukan untuk membersihkan rumah mereka yang basah kuyup.

Nalgae menyapu negara yang rawan bencana, membanjiri desa-desa, menghancurkan tanaman dan mematikan listrik di banyak daerah.

Itu terjadi pada akhir pekan yang diperpanjang untuk Hari Semua Orang Suci, yang jatuh pada hari Selasa, ketika jutaan orang Filipina melintasi negara itu untuk mengunjungi makam orang-orang terkasih.

Jumlah korban jiwa kemungkinan akan meningkat, dengan badan bencana nasional mencatat 63 orang masih hilang dalam laporan terbarunya.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai, yang membunuh orang dan ternak dan menghancurkan pertanian, rumah, jalan dan jembatan, menjadi lebih kuat ketika dunia menjadi lebih hangat karena perubahan iklim. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP

UE Sambut Kroasia ke Zona Schengen, Bulgaria dan Rumania Ditolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 19:24 WIB
Zona Schengen memungkinkan orang bepergian antarnegara anggotanya untuk menyeberang secara umum tanpa harus menunjukkan paspor, KTP, atau...
AFP

Eks Presiden Peru Pedro Castillo Cari Perlindungan di Meksiko

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:20 WIB
Adapun Pedro Castillo ditangkap setelah berusaha membubarkan Kongres Peru, sebagai upaya terakhir yang gagal untuk menghindari pemungutan...
AFP

Dari Lockdown Picu Unjuk Rasa Menuntut Demokrasi di Tiongkok

👤Muhammad Fauzi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:15 WIB
PARTAI Komunis China (PKC) yang menguasai jalannya pemerintah dan arah negara, menyatakan akan menindak tegas semua kegiatan infiltrasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya