Sabtu 02 Juli 2022, 17:19 WIB

Tiga Kali Gempa Kuat Guncang Iran, Lima Orang Dilaporkan Tewas

mediaindonesia.com | Internasional
Tiga Kali Gempa Kuat Guncang Iran, Lima Orang Dilaporkan Tewas

AFP/Amir HOSSEIN TALEBI
Sebuah bangunan rumah di perkampungan Sayeh Khosh, selatan Provinsi Hormozgan, Iran, akibat gempa magnitudo 6,1 Sabtu (2/7).

 

SEDIKITNYA lima orang tewas setelah gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Iran selatan pada Sabtu, media pemerintah melaporkan. Kawasan itu juga dilanda dua gempa susulan berkekuatan hingga magnitudo 6,3.

"Lima orang telah meninggal dalam gempa itu… dan sejauh ini 12 orang dirawat di rumah sakit," kata Mehrdad Hassanzadeh, kepala penanggulangan bencana di provinsi Hormozgan, pesisir Teluk Persia, kepada TV pemerintah.

"Penyelamatan telah dilakukan dan kami sedang menyiapkan tenda penampungan darurat," katanya seperti dilansir Antara mengutip Reuters.


Baca juga: Presiden Kembali ke Tanah Air dari Abu Dhabi


Kantor Berita IRNA mengatakan gempa magnitudo 6,3 dan 6,1 menyusul gempa 6,1 yang membuat porak poranda desa Sayeh Khosh di dekat Teluk Persia. Tercatat, ada selusin gempa susulan.

"Semua korban tewas dalam gempa pertama dan tak seorang pun terluka dalam dua gempa besar berikutnya karena orang-orang sudah berada di luar rumah mereka," kata Foad Moradzadeh, Gubernur Banda Lengeh, seperti dikutip IRNA.

Iran berada di sesar geologis utama. Jalur rekahan itu telah menyebabkan sejumlah gempa besar dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2003, gempa magnitudo 6,6 menghantam Provinsi Kerman, menewaskan 31.000 orang dan menghancurkan kota kuno Bam. (S-2)

Baca Juga

AFP/FBI.

Iran Sebut Klaim AS tentang Rencana Pembunuhan sebagai Fiksi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 16:30 WIB
Iran menolak pada Kamis (11/8) tuduhan AS bahwa pihaknya merencanakan untuk membunuh mantan penasihat keamanan nasional Gedung Putih John...
DOK Euphoria Retreat.

Kisah Penyintas Kanker Yunani Manfaatkan Pengobatan Tradisional Tiongkok

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 14:28 WIB
Ketika Marina Efraimoglou menjadi bankir sukses di usia dua puluhan dengan gelar master dari London School of Economics, tampaknya...
MANDEL NGAN / AFP

FBI Geledah Rumah Trump Cari Dokumen Rahasia Senjata Nuklir

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 14:00 WIB
Laporan itu muncul beberapa jam setelah jaksa agung, Merrick Garland, mengatakan dia secara pribadi telah mengesahkan permintaan pemerintah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya