Sabtu 12 Februari 2022, 09:45 WIB

AS Kirim Hampir 1,9 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Afrika

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
AS Kirim Hampir 1,9 Juta Dosis Vaksin Covid-19 ke Afrika

AFP/FREDERIC J. BROWN
Vaksin covid-19

 

AMERIKA Serikat mengirimkan hampir 1,9 juta dosis vaksin covid-19 ke Mozambik dan empat negara Afrika lainnya pada Jumat (11/2).

"Berkat komitmen AS untuk memainkan peran utama dalam mengakhiri pandemi di mana-mana, Mozambik akan menerima 840.000 dosis Johnson & Johnson,” kata seorang pejabat AS.

Pejabat tersebut menuturkan Zambia akan mendapatkan 672.000 dosis Johnson & Johnson. Republik Kongo dan Namibia masing-masing akan mendapatkan 168.000 dosis Johnson & Johnson dan Eswatini akan mendapatkan 50.310 dosis Pfizer.

Semua pengiriman dilakukan dalam kemitraan dengan African Vaccine Acquisition Trust, kecuali untuk pengiriman ke Eswatini, yang melalui Covax, inisiatif distribusi global yang dipimpin bersama oleh kemitraan publik-swasta Gavi.

“Pengiriman tersebut mencerminkan ambisi Presiden Joe Biden untuk menjadikan Amerika Serikat sebagai gudang vaksin dalam perjuangan kita melawan covid-19," tuturnya.

"Pemerintah memahami bahwa mengakhiri pandemi ini memerlukan penghapusan di seluruh dunia. Selain US$2 miliar yang disumbangkan ke Covax, pemerintah AS telah membeli 500 juta vaksin Pfizer-BioNTech untuk didistribusikan sepanjang tahun ke Uni Afrika dan 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah," tambahnya.

Baca juga: CDC Afrika: Kasus Covid-19 Afrika Lampaui 8,99 Juta

Bulan lalu, Gedung Putih mengatakan telah melewati tonggak 400 juta dosis vaksin yang dikirim ke 112 negara.

Washington pada akhirnya berjanji untuk mengirim 1,1 miliar suntikan ke seluruh dunia, lebih banyak dari negara lain mana pun, dan telah mengirim vaksin ke negara-negara mulai dari Guatemala hingga Papua Nugini.

Infeksi dan kematian covid-19 melonjak di seluruh Afrika pada bulan Desember, seperti sebagian besar dunia lainnya, dengan munculnya varian omikron, tetapi infeksi baru sekarang dengan cepat surut. (France24/OL-5)

Baca Juga

AFP/Bryan R. Smith

DPR AS Setujui UU Pembatasan Senjata Api

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 09:47 WIB
UU yang menunggu ditandangani Biden ini telah mengatur sejumlah syarat kepemilikan senjata. Misalnya terdapat pemeriksaan riwayat kriminal...
AFP/MANDEL NGAN

PBB Sebut Keputusan MA AS yang Hapus Hak Aborsi Pukulan bagi HAM

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 07:30 WIB
"Akses untuk mendapatkan aborsi yang aman, legal dan efektif ada dalam hukum hak asasi internasional dan merupakan dasar pada hak...
AFP/David McNew/Getty Images

Mahkamah Agung AS Cabut Hak untuk Lakukan Aborsi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 05:45 WIB
"UUD tidak menjamin hak untuk melakukan aborsi. Hak untuk mengatur masalah aborsi dikembalikan kepada warga dan perwakilan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya