Senin 03 Januari 2022, 06:44 WIB

Perdana Menteri Sudan Mengundurkan Diri

Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni | Internasional
Perdana Menteri Sudan Mengundurkan Diri

AFP
Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok

 

PERDANA Menteri Sudan Abdalla Hamdok, Minggu (2/1), mengundurkan diri, dua bulan setelah kudata dan saat warga menggelar demonstrasi menentang pemerintahan militer.

Sudan tengah dalam perjalanan kembali ke keuasaan sipil sejak penggulingan Omar al-Bashir pada 2019 namun perjalanan itu berubaha menjadi kacau setelah Jenderal Abdel Fattah al-Burhan mlakukan kudeta pada 25 Oktober lalu dan menahan Hamdok.

Hamdok dikembalikan lagi ke posisinya pada 21 November di bawah kesepakatan bahwa akan digelar pemilu pada Juli 2023. 

Baca juga: Aksi Protes Anti-Kudeta, 15 Orang Ditembak Mati di Sudan

Namun, Hamdok akhirnya memutuskan mengunurkan diri.

"Saya telah berusaha sekuat tenaga mencegah negara ini mengalami bencana," ujar Hamdok, Minggu (2/1) malam dalam sebuah pidato yang disiarkan televisi nasional.

"Sudan tengah mencapai titik balik yang mengancam kelangsungan hidupnya," lanjutnya.

Hamdok adalah sosok sipil dalam pemerintahan transisi Sudan namun Burhan adalah pemimpin de fakto negara itu selepas penggulingan Bashir.

Demonstrasi menentang kudeta militer terus terjadi di Sudan bahkan seteah Hamdok kembali dijadikan perdana menteri karena para demonstran tidak percaya dengan Burhan dan janjinya menjadikan Sudan sebagai negara demokrasi.

Demonstran juga menuding kesepakatan untuk mengembalikan Hamdok sebagai perdana menteri hanya kedok bagi Burhan untuk berkuasa.

Pada Minggu (2/1) ribuan demonstran berhadapan dengan gas air mata personel militer, dan pemadaman telekomunikasi menuntut pemerintahan sipil.

Mereka mengecam kudeta dan menutut militer kembali ke barak saat menggelar demonstrasi di dekat istana presiden di Khartoum. (AFP/OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev

RI Bahas Penguatan Kerja Sama Ekonomi dengan Jerman

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:30 WIB
Kepala Negara berharap Jerman bisa menjadi mitra dalam mengolah potensi 474 Gigawatt yang bersumber dari energi ramah lingkungan di Tanah...
ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev

Presiden Jokowi dan PM Modi Bahas Kerja Sama Pangan

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:10 WIB
Presiden Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan kuat India terhadap Presidensi G20 Indonesia. Indonesia juga akan mendukung penuh...
AFP/ATTA KENARE

Qatar Siap Jadi Tuan Rumah Perundingan Nuklir Iran-AS

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:50 WIB
Para menlu diundang untuk menyelesaikan kesepakatan setelah perundingan tak langsung berjalan selama 11 bulan antara Teheran dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya