Selasa 26 Oktober 2021, 21:17 WIB

Pria Bersenjata Tembaki Jemaah Salat Subuh di Masjid Nigeria

Mediaindonesia.com | Internasional
Pria Bersenjata Tembaki Jemaah Salat Subuh di Masjid Nigeria

AFP/Kola Sulaimon.
Petugas kepolisian Nigeria menangkap orang-orang, selama persidangan pemimpin Masyarakat Adat Terlarang Biafra (IPOB), Nnamdi Kanu.

 

KELOMPOK bersenjata telah membunuh 16 orang di masjid, Nigeria tengah, kata seorang pejabat pemerintah, Selasa (26/10), dalam kekerasan terbaru di wilayah yang bergolak itu.

Puluhan pria bersenjata dengan sepeda motor menyerbu desa Maza-Kuka di distrik Mashegu di negara bagian Niger pada Senin (25/10) dan melepaskan tembakan saat salat subuh, kata Ahmed Ibrahim Matane, sekretaris pemerintah. "Para bandit menembak mati 16 orang di dalam masjid saat mereka sedang salat," kata Matane kepada AFP.

Tiga jemaah terluka dalam serangan itu, salah satunya kritis, tambahnya. Matane mengatakan satu orang lain tewas di dekat desa Kaboji ketika orang-orang bersenjata itu melarikan diri dari daerah itu. 

"Kami masih menyelidiki motif serangan itu dan kami telah mengirim personel militer dan polisi ke daerah itu," katanya. Seorang juru bicara polisi mengonfirmasi serangan itu tetapi tidak memberikan rincian.

Geng pencuri ternak dan penculik untuk minta tebusan yang dikenal secara lokal sebagai bandit telah meneror masyarakat di barat laut dan tengah Nigeria. Mereka menyerang desa, membunuh, dan membakar rumah setelah menjarah mereka.

Meskipun mereka didorong oleh motif keuangan, geng-geng itu telah disusupi oleh para jihadis yang melakukan pemberontakan selama lebih dari satu dekade di timur laut. Penduduk di beberapa komunitas di negara bagian Niger akhir-akhir ini melaporkan masuknya pejuang dari timur laut yang telah mengambil alih desa-desa terpencil.

Baca juga: PBB Seru Israel Cabut Cap Teroris kepada Kelompok Sipil Palestina

Geng semakin sering menculik siswa dan anak sekolah untuk memeras uang tebusan dari orangtua dan pihak berwenang. Lebih dari 1.000 siswa telah diculik sejak Desember, tetapi sebagian besar telah dibebaskan setelah negosiasi dengan penculik mereka. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...
AFP/Mahmud Hams.

Israel Bebaskan Tahanan Palestina setelah Akhiri Mogok Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:10 WIB
Aksi mogok makan menjadi hal biasa di antara para tahanan Palestina dan telah membantu mengamankan banyak konsesi dari otoritas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya