Senin 11 Oktober 2021, 09:40 WIB

Pasangan Suami Isrtri Ditangkap karena Jual Informasi Kapal Perang Nuklir AS

Basuki Eka Purnama | Internasional
Pasangan Suami Isrtri Ditangkap karena Jual Informasi Kapal Perang Nuklir AS

AFP/Handout / US NAVY
Kapal selam nuklir AS.

 

SEPASANG suami istri Amerika Serikat (AS) ditangkap di Negara Bagian West Virginia karena menjual informasi mengenai kapal perang nuklir ke seorang yang mereka duga perwakilan negara asing. Hal itu diungkapkan Departemen Kehakiman AS, Minggu (10/10).

Jonathan Toebbe, yang bekerja sebagai ilmuwan nuklit untuk Angkatan Laut AS, dan istirnya, Diana, ditangkap oleh agen FBI pada Sabtu (9/10) dan didakwa melangar Undang-Undang Energi Atom.

"Selama hampir setahun, pasangan itu menjual informasi rahasia mengenai desain kapal perang nuklir ke seseorang yang mereka percaya sebagai perwakilan negara asing," ungkap Departemen Kehakiman AS sembari mengatakan orang yang membeli informasi itu adalah agen FBI.

Baca juga: Badan Atom Sebut Iran Punya 120 Kg Uranium yang Diperkaya 20%

Jonathan Toebbe, yang memiliki akses ke data rahasia kapal perang nuklir, bekerja sama dengan istrinya untuk menjual data reaktor nuklir kapal selam itu seharga US$100 ribu dalam bentuk cryptocurrency.

Toebbe, pada April 2020, mengirimkan paket ke pemerintah asing yang berisi data rahasia dan instruksi untuk menjalin hubungan rahasia.

FBI kemudian mencegat paket itu dan seorang agen menyamar sebagai perwakilan negara asing menjalin kontak dengan pasangan itu. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Hector RETAMAL / AFP

Taliban Keluarkan Dekrit Wanita Tidak Boleh Dipaksa Menikah

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:38 WIB
Pemerintah Taliban Afghanistan mengeluarkan dekrit tentang hak-hak perempuan yang menyatakan bahwa perempuan tidak boleh dianggap...
AFP/US Marshals.

Polisi Cari Orangtua Tersangka Penembakan di Sekolah Michigan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 14:08 WIB
Tidak seperti beberapa negara bagian, Michigan tidak secara hukum mewajibkan pemilik senjata untuk mengamankan senjata api mereka dari...
BERTRAND GUAY/ AFP

Prancis Evakuasi Lebih dari 300 Orang dari Afghanistan

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 12:17 WIB
Prancis telah melakukan misi evakuasi di Afganistan dengan membawa 258 warga Afganistan serta 11 Prancis, sekitar 60 warga negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya