Selasa 05 Oktober 2021, 08:30 WIB

Jalur Pipa Gas Nord Stream 2 Mulai Diisi

Basuki Eka Purnama | Internasional
Jalur Pipa Gas Nord Stream 2 Mulai Diisi

AFP/Alexander NEMENOV
Jaringan pipa gas Nord Stream 2.

 

OPERATOR jalur pipa gas kontroversial Nord Stream 2, yang menghubungkan Rusia dan Jerman--dikritik negara Barat sebagai senjata geopolitik--, Senin (4/10), mengatakan telah mulai mengisi jalur itu dengan gas.

Langkah terbaru itu membuat jalur pipa di Laut Baltik itu akan segera selesai saat Eropa menghadapi krisis energi saat cadangan gas alam mereka mencapai titik terendah dan harga kebutuhan energi meroket.

"Prosedur pemasukan gas ini merupakan rangkaian langkah pertama mengoperasikan kalur pipa Nord Stream 2," ujar Nord Stream 2 AG dalam sebuah pernyataan resmi.

Baca juga: Venezuela Buka Kembali Perbatasan dengan Kolombia

"Langkah ini akan membuat jalur memiliki tekanan yang dibutuhkan untuk memulai tes teknik berikutnya," lanjut perusahaan asal Swiss yang merupakan anak perusahaan gas Rusia Gazprom.

Perusahaan itu mengatakan akan merilis informasi lebih lanjut jika saatnya tiba.

Nord Stream 2 telah memecah belah negara Eropa dan meningkatkan ketegangan antara negara-negara di kawasan itu dengan Amerika Serikat (AS).

Jalur pipa itu mengalihkan pasokan gas dari jalur yang telah ada, melalui Ukraina, dan diperkirakan akan membuat negara sekutu Eropa itu pemasukan sebesar 1 miliar euro per tahun dari biaya transit gas dari Rusia.

Ukraina, yang berkonflik dengan Rusoa sejak Moskow menganeksasi Krimea pada 2014, memperingatkan negara-engara Eropa bahwa Nord Stream 2 bisa digunakan Rusia untuk meningkatkan tekanan.

AS dengan berat hati menyetujui proyek itu namun menegaskan akan mensanksi Rusia jika Moskow menggunakan pipa itu sebagai senjata. (AFP/OL-1) 

Baca Juga

Dok MI

AS dan Tiongkok Terus Dominasi Indo-Pasifik

👤Nur Aivanni  🕔Senin 06 Desember 2021, 17:03 WIB
Asia Power Index mempertimbangkan berbagai ukuran, termasuk kemampuan ekonomi dan militer, hubungan ekonomi dan jaringan pertahanan, serta...
AFP/SHAMIL ZHUMATOV

Rusia akan Terbangkan Miliarder Jepang ke ISS

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:15 WIB
Maezawa dan asistennya akan menghabiskan 12 hari di ISS dengan mendokumentasikan petualangan mereka di kanal Youtube milik Maezawa yang...
AFP/Handout / MYANMAR MINISTRY OF INFORMATION

Pengadilan Myanmar akan Jatuhkan Vonis Pertama dalam Persidangan Suu Kyi, Hari Ini

👤Nur Aivanni 🕔Senin 06 Desember 2021, 12:14 WIB
Jika terbukti bersalah, Suu Kyi dan Presiden Myanmar yang digulingkan Win Myint, masing-masing menghadapi hukuman penjara hingga lima...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya