Kamis 24 Juni 2021, 12:05 WIB

Mulai Besok, Hong Kong Larang Masuk Penumpang Indonesia

Insi Nantika Jelita | Internasional
Mulai Besok, Hong Kong Larang Masuk Penumpang Indonesia

Medcom/ Hendrik
Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta

 

PEMERINTAH Hong Kong telah mengumumkan bahwa mulai besok, Jumat (25/6) akan menetapkan status Indonesia menjadi negara kategori A1 (extremely high risk/berisiko sangat tinggi) penularan covid-19. Dengan demikian, semua penumpang penerbangan dari Indonesia tidak diperbolehkan memasuki Hong Kong.

Kebijakan tersebut ditempuh Pemerintah Hong Kong karena terdapat peningkatan jumlah kasus covid-19 dari Indonesia yang mencapai 2 juta lebih kasus.

Baca juga: AS Sebut Vaksin Covid-19 mRNA Sebabkan Pembengkakan Jantung pada Remaja

Kebijakan ini pun diterapkan juga ke penumpang atau warga negara dari Filipina, India, Nepal dan Pakistan yang telah masuk kategori A1 terlebih dahulu.

"Kebijakan ini bersifat sementara dan akan dikaji ulang secara periodik," tulis laporan Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (24/6).

Pemerintah meminta pekerja migran Indonesia (PMI) yang terdampak kebijakan baru ini agar segera menghubungi majikan dan agen masing-masing. Konsulat jenderal Republik Indonesia di Hong Kong pun akan memastikan pemenuhan hak-hak PMI sesuai ketentuan yang berlaku.

Dilansir US News, pelarangan warga negara dari dari India, Nepal, Pakistan, Filipina dan Indonesia ke Hong Kong, dipicu ketika ada lima atau lebih penumpang dites positif untuk salah satu varian baru kasus covid-19 pada saat kedatangan.

Wilayah administrasi khusus Cina itu telah mencatat lebih dari 11.800 kasus dan 210 kematian akibat virus korona. Sebagian besar kasus baru-baru ini di kota itu selama sebulan terakhir telah diimpor. (OL-6)

Baca Juga

Handout / Ukrainian presidential press-service / AFP

Biden Ancam Putin dengan Sanksi Ekonomi Terkait Krisis Ukraina

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 07 Desember 2021, 13:58 WIB
Presiden AS Joe Biden akan memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang konsekuensi ekonomi yang parah jika Rusia melanjutkan...
 Kirill KUDRYAVTSEV / AFP

Dianggap Promosikan ujaran Kebencian, Facebook Dituntut Pengungsi Rohingya US$150 miliar

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 07 Desember 2021, 13:34 WIB
Kelompok mayoritas Muslim itu menghadapi diskriminasi yang meluas di Myanmar, di mana mereka dihina sebagai penyelundup meskipun telah...
Al-Huthi Group Media Office / AFP

Saudi Luncurkan Serangan Balasan Usai Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 07 Desember 2021, 13:20 WIB
Pemberontak Houthi yang didukung Iran menguasai sebagian besar Yaman utara, termasuk ibu kota Sanaa, yang mereka rebut pada tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya