Selasa 22 Juni 2021, 16:34 WIB

Kuba Buat Vaksin Covid-19 Abdala dengan Efektivitas 92%

Lidya Tannia Bangguna | Internasional
Kuba Buat Vaksin Covid-19 Abdala dengan Efektivitas 92%

AFP/Yamil Lage.
Seorang perawat bersiap untuk menyuntik seorang petugas kesehatan dengan dosis kedua kandidat vaksin Kuba Abdala terhadap covid-19.

 

PEMBUAT vaksin covid-19 Abdala dari Kuba mengatakan pada Senin (21/6) bahwa vaksin tersebut menunjukkan kemanjuran lebih dari 92% setelah pemberian tiga dosis. Namun tidak ada keterangan tentang pengukuranya terhadap infeksi, penyakit, atau kematian.

Diketahui, Kuba sedang mengerjakan lima vaksin covid-19. Bulan lalu pemerintah mulai mengimunisasi penduduknya menggunakan dua di antaranya untuk menyelesaikan uji klinis.

Laboratorium BioCubaFarma menuliskan di akun Twitternya pada Senin bahwa vaksin Abdala ialah salah satu dari dua yang sudah digunakan dan menunjukkan kemanjuran sebesar 92,28% dalam skema tiga dosisnya. Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan ambang batas kemanjuran 50% untuk vaksin virus korona.

Pengumuman itu muncul dua hari setelah pihak berwenang mengumumkan bahwa Soberana 2, suntikan tiga dosis lain yang sedang dikembangkan di Kuba, disebut 62% efektif setelah dua suntikan pertama. Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel menyambut baik berita itu sebagaipencapaian yang akan melipatgandakan kebanggaan di negara kepulauan komunis itu.

Baru-baru ini dalam kasus infeksi covid-19 di Kuba mencatat salah satu hari terburuknya pada Senin (21/6) dengan 1.561 infeksi yang dikonfirmasi dalam 24 jam. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 169.000 kasus dan 1.170 kematian di Kuba.

Di bawah sanksi Amerika, Kuba memiliki tradisi panjang membuat vaksin sendiri seja 1980-an. Hampir 80% vaksinnya diproduksi secara lokal dan diharapkan dapat menghasilkan suntikan virus korona pertama yang diproduksi secara lokal di Amerika Latin. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Thomas Coex

Macron Tuntut Penjelasan Israel Terkait Spyware Pegasus

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:29 WIB
Tuntutan itu disampaikan Macron saat  ia melakukan pembicaraan dengan Bennett melalui telepon, Sabtu...
MI/ROMMY PUJIANTO

Enam Warga India Tewas Tersambar Petir

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:25 WIB
Sedikitnya enam warga India tewas dan sejumlah lainnya mengalami luka akibat disambar petir di Negara Bagian Madhya Pradesh, menurut...
AFP/Abbas Momani.

Israel Tembak Remaja Palestina saat Protes Permukiman Ilegal

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:20 WIB
Bulan Sabit Merah mengatakan 320 warga Palestina terluka dalam bentrokan itu, termasuk 21 orang akibat tembakan api, 68 oleh peluru karet,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya