Jumat 04 Juni 2021, 07:00 WIB

AS Janji Dukung Siapa Pun Pemimpin Israel

Nur Aivanni | Internasional
AS Janji Dukung Siapa Pun Pemimpin Israel

AFP/Jacquelyn Martin
Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz (kiri) bertemu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di Washington, DC.

 

MENTERI Pertahanan Israel Benny Gantz, Kamis (3/6), menerima janji dukungan Amerika Serikat (AS) untuk siapa pun yang menjadi pemimpin Israel berikutnya saat dia bertemu dengan pejabat tinggi 'Negeri Paman Sam' itu di Washington.

Para pejabat keamanan dan pertahanan AS juga mengatakan kepada Gantz bahwa mereka akan membantu mengisi kembali sistem pertahanan rudal Iron Dome setelah banyak digunakan dalam konflik baru-baru ini dengan Gaza. Tetapi, AS juga menekan Israel untuk mengurangi ketegangan dengan Palestina.

"Kami tidak akan berbicara mengeni pembentukan pemerintah saat itu sedang dalam proses," kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price setelah Gantz bertemu dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken.

Baca juga: Daftar Pemimpin Israel: Dari Ben-Gurion hingga Bibi

"Terlepas dari apa yang terjadi, terlepas dari pemerintahan apa yang ada, dukungan kuat kami untuk Israel akan tetap ada," lanjutnya.

Di Pentagon, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin menegaskan kembali bahwa Washington mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri.

"Presiden telah menyatakan dukungan penuhnya untuk mengisi kembali sistem pertahanan rudal Israel, Iron Dome, yang menyelamatkan begitu banyak nyawa tidak berdosa selama konflik terbaru," kata Austin kepada Gantz.

"Sekarang ke depan, kami mencari keamanan yang abadi bagi Israel dan Palestina," katanya. "Seperti yang dijelaskan oleh kolega saya, Menlu Blinken, di Israel pekan lalu, banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk membangun kembali keyakinan dan kepercayaan, dan untuk menciptakan kondisi untuk terlibat kembali dengan cara yang berarti di jalan menuju solusi dua negara," tuturnya.

Gantz berada di Washington tepat setelah koalisi dari berbagai partai oposisi, di mana dia termasuk di dalamnya, Rabu (2/6) mencapai kesepakatan untuk menyingkirkan Perdana Menteri Netanyahu dari jabatannya setelah 12 tahun berkuasa. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

WHO: Omicron Timbulkan Risiko Global yang Sangat Tinggi

👤Mediaindonesia 🕔Senin 29 November 2021, 17:48 WIB
Omicron memiliki jumlah mutasi lonjakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, beberapa di antaranya mengkhawatirkan dampak potensialnya...
Antara/Fikri Yusuf

PBB: Pandemi Rugikan Sektor Pariwisata Global $2,0 Triliun pada 2021

👤Nur Aivanni  🕔Senin 29 November 2021, 17:20 WIB
Kedatangan turis internasional tahun ini akan tetap 70-75% di bawah 1,5 miliar kedatangan yang tercatat pada 2019 sebelum pandemi...
AFP/Organisasi Energi Atom Iran.

Perjalanan Berliku Perjanjian Nuklir Iran pada 2015

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 14:39 WIB
Dengan pembicaraan tentang pemulihan kesepakatan yang akan dimulai di Wina pada Senin (29/11), mari kita lihat kembali sejarahnya yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya