Rabu 26 Mei 2021, 17:30 WIB

Irlandia Dukung Mosi Parlemen Kutuk Aneksasi Israel di Palestina

Mediaindonesia.com | Internasional
Irlandia Dukung Mosi Parlemen Kutuk Aneksasi Israel di Palestina

AFP/Iranian Presidency.
Presiden Iran Hassan Rouhani (kanan) menerima Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney di Teheran, beberapa waktu lalu.

 

PEMERINTAH Irlandia pada Selasa (25/5) mendukung mosi parlemen yang mengutuk aneksasi de facto atas tanah Palestina oleh otoritas Israel.

Menteri Luar Negeri Irlandia Simon Coveney, yang mewakili Irlandia di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam perdebatan tentang Israel dalam beberapa pekan terakhir, mendukung mosi tersebut. Ia mengutuk perlakuan Israel yang secara nyata tidak setara terhadap rakyat Palestina.

Namun dia juga berkeras menambahkan kecaman atas serangan roket baru-baru ini di Israel oleh kelompok militan Palestina Hamas sebelum dia menyetujui dukungan pemerintah untuk mosi tersebut, yang telah diajukan oleh partai oposisi Sinn Fein. "Skala, kecepatan, dan sifat strategis dari tindakan Israel pada perluasan pemukiman dan maksud di baliknya telah membawa kami ke titik di mana kami harus jujur tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Ini adalah aneksasi de facto," Coveney mengatakan kepada parlemen.

"Kami adalah negara Uni Eropa pertama yang melakukannya. Tapi itu mencerminkan keprihatinan besar yang kami miliki tentang maksud dari tindakan tersebut dan tentu saja dampaknya."

Sebagian besar negara memandang permukiman yang dibangun Israel pada wilayah yang direbut dalam perang Timur Tengah 1967 sebagai ilegal dan sebagai penghalang perdamaian dengan Palestina. Amerika Serikat dan Israel membantah hal ini.

Israel mengutip hubungan sejarah dan alkitabiah ke Tepi Barat dan sekitar 450.000 pemukimnya tinggal di sana, di antara 3 juta orang Palestina. Israel juga menyangkal adanya pelanggaran sistematis terhadap hak asasi manusia Palestina.

Mosi itu muncul beberapa hari setelah gencatan senjata mengakhiri 11 hari pertempuran terburuk antara militan Palestina dan Israel dalam beberapa tahun. Kekerasan itu memicu protes besar pro-Palestina di Dublin.

 

Sinn Fein menolak untuk mendukung amendemen pemerintah yang mengutuk serangan Hamas. "Tindakan teror oleh Hamas dan kelompok militan lain dalam menembakkan roket tanpa pandang bulu ke Israel tidak bisa dibenarkan," kata Coveney. (Ant/OL-14)

Baca Juga

dok.mi

Presiden AAYG Dukung Pemerintah RI Wujudkan Perdamaian Dunia

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 14:45 WIB
Presiden Asian African Youth Government (AAYG), Respiratori Saddam Al Jihad mendukung pemerintah RI untuk terlibat aktif mewujudkan...
dok.AFP

Ukraina Klaim Sukses Buat Rusia Kelabakan di Krimea

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:21 WIB
Ukraina telah menyatakan kesuksesan atas sejumlah serangan di Krimea yang membuat Rusia panik. Kyiv akan melanjutkannya sampai kekuatan...
AFP/MOHAMMED ABED

Israel Akhirnya Akui Membunuh 5 Anak Palestina yang Sedang Bermain

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 10:52 WIB
Saat terjadinya serangan, militer Israel sempat mengklaim kelima anak itu tewas akibat terkena roket milik Jihad...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya