Selasa 13 April 2021, 21:15 WIB

Iran Tetapkan Puasa Ramadan Mulai Besok

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Tetapkan Puasa Ramadan Mulai Besok

AFP/Atta Kenare.
Seorang wanita Iran yang mengenakan masker berjalan di ibu kota Teheran, Senin (12/4).

 

BULAN suci puasa Ramadan akan dimulai Rabu (14/4) di Iran. Kantor pemimpin tertinggi Republik Islam mengumumkan hal itu saat mereka memerangi wabah virus korona.

"Bulan sabit bulan Ramadan tidak terlihat pada senja Senin (12/4)," kantor berita IRNA melaporkan pada Selasa (13/4) merujuk pada pencarian bulan sabit yang menandai dimulainya bulan suci.

Oleh karena itu, "Rabu, tanggal 25 Farvardin akan menjadi hari pertama Ramadan yang diberkati," tambahnya mengutip pernyataan dari kantor Ayatollah Ali Khamenei.

Awal Ramadan ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik yang menentukan satu bulan berakhir dan bulan lain dimulai.

Selama Ramadan, umat Islam yang taat menahan diri dari makan dan minum dari fajar hingga senja dan secara tradisional berkumpul dengan keluarga dan teman untuk berbuka puasa di malam hari.

Bulan suci semakin dekat ketika Iran sedang berjuang untuk menahan gelombang keempat dari infeksi dan kematian covid-19. Para pejabat menyalahkan lonjakan perjalanan yang dilakukan selama liburan Tahun Baru Persia bulan lalu.

Total kasus telah melonjak di atas dua juta dengan kematian keseluruhan hampir 65.000. Pada Senin, kementerian kesehatan mengumumkan 23.311 kasus baru dalam 24 jam, rekor infeksi harian yang baru.

Menteri Kesehatan Saeed Namaki pada Senin mendesak penduduk untuk tinggal di rumah untuk berdoa. Salat berjemaah sebaiknya dilakukan hanya sekali dalam sehari. "Dengan jumlah minimal orang, di alam terbuka, sambil memperhatikan jarak maksimal, dan menggunakan masker," ujarnya.

Presiden Iran Hassan Rouhani, menghadapi krisis ekonomi yang parah, pada Sabtu mengumumkan paket bantuan untuk Ramadan yang ditujukan kepada 60 juta orang dari perkiraan yang membutuhkan sebanyak 83 juta. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Lionel BONAVENTURE

Negara Bagian AS Tolak Versi Instagram untuk Anak-Anak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:57 WIB
Mereka menyebut ancaman dari Instagram untuk anak-anak mencakup perundungan daring, predator anak, kesehatan mental, serta kegagalan...
Fabrice COFFRINI / AFP

Taiwan Berjuang untuk Diundang dalam Pertemuan WHO

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:45 WIB
Kelompok tujuh negara kaya atau G7 telah menyerukan Taiwan untuk menghadiri pertemuan badan pembuat keputusan WHO, Majelis Kesehatan...
AFP/SAUL LOEB

Washington akan Cabut Mayoritas Pembatasan Covid-19 pada 21 Mei

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 11 Mei 2021, 09:42 WIB
Angka kasus covid-19 di Washington turun menjadi hingga satu digit per 100 ribu orang sejak mencapai puncaknya pada Januari yang berjumlah...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Transformasi Kota Tua

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta bergandengan tangan bersama Kementerian BUMN dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya