Minggu 28 Februari 2021, 23:04 WIB

Sumbangan Vaksin Romania Diberangkatkan ke Moldova

Mediaindonesia.com | Internasional
Sumbangan Vaksin Romania Diberangkatkan ke Moldova

Dok dw.com
Ilustrasi

 

Romania pada Sabtu (27/2) mengirimkan sumbangan pertama vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Moldova sehingga negara tetangganya itu pekan depan bisa mulai melakukan vaksinasi pada para pekerja medis.

"Romania menepati janji. Hari ini kami mengirimkan sekelompok dosis pertama, 21.600 vaksin AstraZeneca. Ini adalah gelombang pertama dari total 200.000 yang kami tawarkan sebagai bantuan kemanusiaan. Sisanya akan menyusul dalam beberapa bulan mendatang," tulis Perdana Menteri Romania Florin Citu di halaman Facebook-nya.

Pada Desember 2020, Presiden Romania Klaus Iohannis mengatakan Bucharest akan menyumbangkan 200.000 dosis vaksin untuk Moldova, sebagai tanda solidaritas setelah terpilihnya Presiden Maia Sandu, yang pro-Barat.

Sandu memimpin delegasi untuk menerima vaksin di bandara Chisinau saat kiriman tiba dengan pesawat ambulans udara merah dari Romania.

Moldova dan Romania memiliki hubungan sejarah, bahasa, dan budaya yang erat. "Terima kasih, Romania! Terima kasih, Uni Eropa!" tulis Sandu di Facebook.

Sandu, mantan ekonom Bank Dunia, dalam pemilihan presiden Moldova mengalahkan petahana yang pro-Moskow, Igor Dodon. Sandu berjanji akan memerangi korupsi yang meluas serta mengembalikan hubungan Moldova dengan Uni Eropa ke jalurnya.

Moldova, negara Eropa timur berpenduduk 3,5 juta jiwa, selama ini menjadi ajang perebutan pengaruh oleh negara-negara Barat dan Rusia.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Moldova diguncang ketidakstabilan dan skandal korupsi, termasuk raibnya dana sekitar Rp14,2 triliun dari sistem perbankan.

Pengadaan vaksin Moldova telah menimbulkan pertikaian politik dalam negeri karena Dodon menuduh Sandu berusaha memblokir masuknya vaksin Sputnik V buatan Rusia. Tuduhan itu dibantah oleh kantor Sandu.

Pemerintah mengatakan pihaknya berharap pengiriman pertama vaksin melalui COVAX --skema global pengadaan vaksin bagi negara-negara miskin-- akan tiba di Moldova pada 3 Maret.

Moldova dan tetangganya, Ukraina, merupakan dua negara termiskin di Eropa. Mereka tertinggal dari negara-negara lain di benua itu dalam memperoleh pasokan vaksin.

Moldova dan Ukraina menyambut baik sumbangan dari pemerintah negara-negara sahabat. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Yuki IWAMURA / AFP

Jepang Siap Buang Air Olahan Limbah Nuklir Fukushima ke Laut

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 13 April 2021, 13:10 WIB
Jepang akan melepaskan lebih dari satu juta ton air olahan dari pembangkit nuklir Fukushima yang bocor ke...
AFP/Olga MALTSEVA

Pabrik Bersejarah di Saint Petersburg Terbakar

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 13 April 2021, 12:11 WIB
Sebanyak 40 orang dievakuasi dari pabrik itu dan sebuah hotel yang berada di dekat pabrik itu dikosongkan dan tamunya...
AFP/MANDEL NGAN

Major, Anjing Biden, Kembali ke Sekolah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 13 April 2021, 12:00 WIB
Maret lalu, dia sempat dipulangkan ke rumah keluarga Biden di Delaware setelah menggigit...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya