Minggu 17 Januari 2021, 12:55 WIB

Kekhawatiran pada Vaksin Pfizer-BioNTech di Norwegia Meningkat

Nur Aivanni | Internasional
Kekhawatiran pada Vaksin Pfizer-BioNTech di Norwegia Meningkat

AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER
vaksin pfizer-biontech

 

ADA kekhawatiran yang meningkat di Norwegia mengenai keamanan vaksin Pfizer-BioNTech terutama di kalangan lansia karena jumlah orang yang meninggal setelah menerima suntikan di negara itu meningkat menjadi 29.

Enam orang lagi ditambahkan ke jumlah kematian yang diketahui di Norwegia. Para pejabat juga menurunkan kelompok usia yang diperkirakan terpengaruh menjadi 75 dari 80. Norwegia telah memberikan setidaknya satu dosis untuk sekitar 33.000 orang dan sebagian besar kematian terjadi karena efek samping seperti mual dan muntah, demam, reaksi lokal di tempat suntikan hingga memburuknya kondisi penerima vaksin.

Pihak berwenang Norwegia, pada Kamis, mengatakan lebih dari 20 orang yang menerima vaksin covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan AS Pfizer dan BioNTech Jerman meninggal, 13 kematian terkait dengan efek samping vaksin. Semuanya berusia di atas 80 tahun.

Baca juga: 23 Orang di Norwegia Meninggal Usai Disuntik Vaksin Pfizer

Badan Obat Norwegia mencatat efek samping umum vaksin Pfizer-BioNTech, seperti demam dan mual, dapat menyebabkan kematian pada beberapa penerima vaksinasi yang lanjut usia.

Direktur Medis Badan Obat Norwegia Steinar Madsen menyebut bersama dengan 13 kematian itu, sembilan kasus efek samping yang serius dan tujuh kasus efek samping yang tidak terlalu serius telah dicatat.

Norwegia meluncurkan kampanye vaksinasi bulan lalu, tepat setelah vaksin Pfizer-BioNTech disetujui oleh European Medicines Agency (EMA). (Daily Sabah/OL-5)

Baca Juga

Dok. Kemenlu

UMKM Korsel Donasikan 40 Ribu Masker untuk WNI di Korsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 25 Februari 2021, 22:30 WIB
Masker tersebut bakal diberikan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Korea Selatan, untuk menghindari penularan...
Antara

17 Negara Bakal Terbitkan Paspor Vaksin Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 25 Februari 2021, 21:40 WIB
Negara tersebut ialah Siprus, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Yunani, Hongaria, Islandia, Italia, Polandia, Portugal, Slovakia, Spanyol,...
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda

17 Negara Bakal Terbitkan Paspor Vaksin Covid-19

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 25 Februari 2021, 21:36 WIB
Setidaknya ada 17 negara yang membahas kebijakan paspor vaksin sebagai persyaratan bagi para...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya