Senin 30 November 2020, 22:16 WIB

Siapakah Ilmuwan Nuklir Iran Fakhrizadeh yang Dibunuh? (Bagian 3)

Mediaindonesia.com | Internasional
Siapakah Ilmuwan Nuklir Iran Fakhrizadeh yang Dibunuh? (Bagian 3)

AFP/Iranian Defence Ministry
.

 

ILMUWAN nuklir Iran, Mohsen Fakhrizadeh, memiliki gelar doktor dalam fisika dan teknik nuklir. Ia mengerjakan tesisnya bersama dengan Fereydoun Abbasi-Davani, mantan Kepala Organisasi Energi Atom Iran (AEOI), yang selamat dari upaya pembunuhan pada 2010.

Itu disampaikan Wakil Presiden Iran Ali Akbar Salehi, yang juga mengepalai AEOI. Abbasi-Davani menyebut ilmuwan yang terbunuh itu sebagai teman dekat.

Dia bekerja sama secara profesional dengan erat selama 34 tahun dengan Fakhrizadeh. Bahkan mereka telah bertempur berdampingan di garis depan selama perang Iran-Irak 1980-1988.

Berbicara kepada media pemerintah, Abbasi-Davani mengatakan Fakhrizadeh telah bekerja di semua bidang untuk mendukung kegiatan nuklir negara, terutama dalam pengayaan uranium.

Dia menggambarkannya sebagai manajer yang cakap dan ilmuwan bergengsi yang dapat dinaikkan ke peringkat yang sama dengan martir Soleimani di bidang sains dan teknologi. Ia mengacu kepada jenderal tertinggi Qasem Soleimani yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak Amerika Serikat pada Januari di Irak.

"Pekerjaannya penting baginya," kata janda Fakhrizadeh di televisi pemerintah beberapa jam setelah pembunuhan itu. Presiden AS Donald Trump juga menerapkan sanksinya kepada Fakhrizadeh. (AFP/OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Anis Efizudin.

Taiwan Batalkan Festival Besar Lampion

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:55 WIB
Festival Lampion Taiwan, perayaan tahunan untuk menandai akhir Tahun Baru Imlek yang akan datang pada pertengahan Februari, akan dibatalkan...
themoscowtimes.com

Uji klinis Awal Sebut Vaksin Covid-19 Rusia 100% efektif

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:38 WIB
Rusia mulai menguji coba EpiVacCorona pada November...
AFP

Tiongkok Bangun Pusat Karantina Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:55 WIB
Tiongkok berada dalam siaga tinggi untuk potensi gelombang kasus yang dipicu oleh liburan Tahun Baru Imlek...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya