Selasa 24 November 2020, 14:29 WIB

Luhut: AS Puji Kepemimpinan Jokowi di Masa Pandemi

Despian Nurhidayat | Internasional
Luhut: AS Puji Kepemimpinan Jokowi di Masa Pandemi

Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
residen Joko Widodo saat menghadiri rangkaian KTT ASEAN ke-37 secara virtual.

 

AMERIKA Serikat (AS) mengapresiasi berbagai kebijakan yang diterapkan Presiden Joko Widodo. Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Dalam kunjungan Luhut ke Gedung Putih pekan lalu, pemerintah AS memuji langkah Indonesia dalam mengatasi krisis ekonomi dan kesehatan akibat pandemi covid-19. Bahkan, upaya Indonesia dinilai layak menjadi contoh bagi negara lain.

"Kita merundingkan banyak hal. Mereka sangat mengapresiasi kepemimpinan Presiden Jokowi terkait penanganan covid-19 dan penanganan ekonomi. Mereka anggap itu sangat bisa untuk dicontoh," tutur Luhut dalam CEO Networking 2020, Selasa (24/11).

Baca juga: Jokowi Ingin AS Jadi Teman Sejati Indonesia

Selain itu, dirinya juga berdiskusi dengan Wakil Presiden AS Mike Pence terkait vaksin covid-19. Luhut menyebut AS bersedia untuk membantu ketersediaan vaksin di Indonesia.

"Tadi malam kami sudah follow up melalui video call dengan Under Secretary for Health AS dan (disambungkan) dengan Wakil Menteri BUMN Budi Sadikin. Kemudian juga BPOM untuk membuat Pfizer bekerja sama dengan Bio Farma,” imbuh Luhut.

Di Negeri Paman Sam, Luhut juga sempat bertemu dengan jajaran Partai Demokrat AS, yang menyampaikan pujian terhadap kebijakan Presiden Jokowi. Pujian itu menyoroti rencana restorasi kawasan mangrove seluas 630 ribu hektare, yang digarap dalam empat tahun ke depan.

Baca juga: Luhut Mengaku Intens Berkomunikasi dengan Menantu Trump

"Sekarang, di dunia masalah lingkungan menjadi sangat penting. Kita merupakan negara penghasil carbon credit terbesar di dunia. Dari 75-80% carbon credit global itu ada Indonesia. AS mengapresiasi langkah kita untuk mengurangi ini," pungkasnya.

Kabar baik lain ialah AS secara resmi telah menandatangani Letter of Interest (LOI) untuk investasi sebesar US$2 Miliar atau setara Rp28 triliun. Investasi digulirkan United States International Development Finance Corporation (IDFC) kepada Indonesia Investment Authority atau Sovereign Wealth Fund Indonesia.

Diharapkan, LOI tersebut dapat menarik minat investor AS untuk menanamkan modal di Indonesia. Kerja sama ini diyakini semakin memperkuat hubungan bilateral AS-Indonesia.(OL-11)

 

Baca Juga

AFP

Trump Tinggalkan 'Wasiat' untuk Biden

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:52 WIB
Trump tidak memasuki Oval Office tetapi meninggalkan pesan pada seorang ajudan sebelum meninggalkan kediaman eksekutif sekitar pukul 8...
AFP/Brendan Smialowski

Jelang Biden Dilantik, Mahmakah Agung AS Diancam Diledakkan

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:32 WIB
Gedung Mahkamah Agung AS dapat ancaman bom....
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Pabrik Tempe Pertama RI Resmi Dibangun di Tiongkok

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:01 WIB
Pabrik tempe tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia di Tiongkok yang dikatakan cukup besar untuk mendapatkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya