Kamis 12 November 2020, 08:36 WIB

Trudeau Pastikan Kanada tidak Menyerah pada Tekanan Tiongkok

Basuki Eka Purnama | Internasional
Trudeau Pastikan Kanada tidak Menyerah pada Tekanan Tiongkok

AFP/Lars Hagberg
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau

 

PERDANA Menteri Kanada Justin Trudeau, Rabu (11/11), menegaskan Kanada tidak akan menyerah pada tekanan Tiongkok untuk melepaskan eksekutif Huawei Meng Wanzhou.

Meng ditangkap atas surat perintah penangkapan dari Amerika Serikat (AS), Desember 2018, kala transit di Vancouver. Dia kini tengah berjuang melawan upaya ekstradisi ke 'Negeri Paman Sam'.

Kasus itu membuat hubungan Kanada-Tiongkok mengalami krisis dengan Beijing melakukan tindakan balasan dengan menahan dia warga Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor.

Baca juga: Kampanye Trump Tuntut Kemenangan Biden di Michigan Dibatalkan

Dalam wawancara dengan Financial Times, Trudeau mengatakan, "Tiongkok terus berpikir mereka bisa menekan kami. Kami tidak akan menyerah!"

"Kami tidak bisa menerima diplomasi menekan. Kami merasa jika Anda menyerah pada tekanan, posisi Anda akan semakin terpojok," lanjutnya.

Pada Senin (9/11), Trudeau membahas nasib kedua warga negaranya yang ditahan Tiongkok saat menghubungi presiden terpilih AS Joe Biden.

Kepada wartawan, Trudeau menegaskan dirinya optimistis Washington akan meningkatkan tekanan kepada Beijing untuk membebaskan kedua warga Kanada itu.

Adapun Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin menyerang Ottawa dengan mengatakan Kanada menahan Meng tanpa alasan setelah yang bersangkutan tidak melanggar aturan di negara itu.

Wang juga menegaskan Tiongkok menahan kedua warga Kanada itu atas tuduhan mengancam keamanan nasional Tiongkok.

Meng menjadi buruan pemerintah AS atas dakwaan penipuan terkait pelanggaran sanksi AS terhadap Iran. Sidang ekstradisinya akan selesai pada April 2021. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/MARTIN BUREAU

Prancis Majukan Jam Malam untuk Bendung Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 08:56 WIB
Jam malam diberlakukan dua jam lebih awal menjadi pukul 18.00 waktu setempat dan berlangsung hingga pukul 06.00 waktu...
AFP/Angela Weiss

Saat Pelantikan, Biden akan Teken Sejumlah Perintah Eksekutif

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 17 Januari 2021, 07:37 WIB
"Dalam sepuluh hari pertamanya menjabat, Presiden terpilih Biden akan mengambil tindakan tegas untuk mengatasi empat krisis ini,...
(Photo by MICHAEL TEWELDE / AFP)

Lebih dari 2 Juta Orang Meninggal akibat Covid-19

👤(Aiw/The Guardian/NYPost/Aljazeera/I-1) 🕔Minggu 17 Januari 2021, 04:55 WIB
PANDEMI covid-19 kini telah menyebabkan lebih dari 2 juta orang meninggal di seluruh...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya