Senin 06 Januari 2020, 21:25 WIB

Kedubes Iran Kecam AS atas Kematian Soleimani

Rifaldi Putra Irianto | Internasional
Kedubes Iran Kecam AS atas Kematian Soleimani

AFP
Mayor Jenderal Qasem Soleimani

 

MENANGGAPI serangan keji yang dilakukan oleh Amerika Serikat pada Jumat (3/1) di Irak terhadap Mayor Jenderal Qasem Soleimani, Komandan Brigade Quds IRCG, Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Islam Iran di Jakarta menyampaikan sejumlah pernyataann.

"Kami menyampaikan belasungkawa atas pembunuhan syahid Qasem Soleimani dan Wakil Komandan Hashd al-Shaabi Irak, Abu Mahdi al-Muhandis sebagai tokoh-tokoh anti terorisme kepada Pemimpin Agung, warga Iran dan seluruh komunitas internasional termasuk masyarakat Republik Indonesia," tulis keterangan resmi Kedubes Iran yang diterima, Jakarta, Senin (6/1).

Dalam keterangan resmi tersebut juga disampaikan pihaknya mengutuk aksi AS yang meneror Mayjen Qasem Soleimani yang dinilai merupakan simbol dan pahlawan antiterorisme dan radikalisme di kawasan Timur Tengah.

"Jasa, pengorbanan, keberanian dan keahlian Mayjen Soleimani dalam memerangi ISIS dan kelompok takfiri di Suriah dan Irak merupakan bagian dari sejarah kontemporer yang tak akan terlupakan," tulis Kedubes Iran.


Baca juga: Kemenlu Imbau WNI di Iran dan Irak untuk Waspada


Dinilainya, tindakan keji tersebut merupakan serangan teror terhadap pejabat resmi Republik Islam Iran dan merupakan bentuk nyata dari aksi terorisme yang berbasis pemerintahan atau terorisme negara. Dan merupakan bagian dari pelanggaran yang luas terhadap berbagai peraturan internasional dan Piagam PBB.

"Tindakan jahat yang dilakukan atas konsultasi dan provokasi Rezim Zionis Israel adalah sebuah kesalahan strategis yang akan berujung pada peningkatan rasa ketidakamanan di kawasan," imbuhnya.

Dikatakan pula, aksi teror tersebut juga bertentangan dengan komitmen internasional AS dalam memerangi terorisme disebabkan AS dengan kejinya sedang melawan orang-orang dan pihak-pihak yang berperang dengan kelompok teroris.

Kedubes Iran pun menyatakan, kematian Mayjen Soleimani tidak akan dapat menghentikan perlawanan terhadap terorisme dan ekstremisme di kawasan tersebut tetapi akan memperkuat pohon muqawama di kawasan tersebut dan dunia.

"Republik Islam Iran akan mengerahkan seluruh kapasitas politik, hukum dan internasionalnya untuk membalas teror jahat ini. Iran tidak akan terpancing oleh perkembangan situasi dan akan memberikan pembalasan yang tegas pada waktu dan tempat yang diharapkannya," tukasnya. (OL-1)

Baca Juga

AFP

Korea Selatan Catat Kasus Harian Covid-19 Tertinggi

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 23 Januari 2022, 21:19 WIB
KOREA Selatan kembali mencatat jumlah kasus harian covid-19 tertinggi pada Minggu...
INDRANIL MUKHERJEE / AFP

India Catat Kasus Harian Covid-19 Lebih dari 330.000

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 23 Januari 2022, 19:31 WIB
India melaporkan 333.533 infeksi baru covid-19 selama 24 jam terakhir dengan 525 orang...
AFP.

Badan Bantuan MSF Kecam Koalisi Saudi Serang Penjara Yaman

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 23 Januari 2022, 18:50 WIB
Kelompok hak asasi telah lama mengkritik koalisi atas korban sipil dalam pengeboman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya