Kamis 25 April 2019, 05:00 WIB

Indonesia-Swiss Perkuat Hubungan Bilateral

(Tes/I-1) | Internasional
 Indonesia-Swiss Perkuat Hubungan Bilateral

MI/PERMANA
Duta Besar Swiss untuk Indonesia Kurt Kunz (tengah) saat berkunjung ke Kantor Media Group, Jakarta, Rabu (24/4).

 

INDONESIA dan Swiss memiliki hubungan bilateral yang cukup kuat, termasuk di bidang ekonomi. Kendati demikian, masih banyak ruang untuk meningkatkan kerja sama, berikut memperkuat relasi warga dari tiap-tiap negara.

"Swiss terbilang aktif berhubungan dengan Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, pendidikan vokasi dan pelatihan menjadi bagian program kerja sama," ujar Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Kurt Kunz, saat mengunjungi kantor Media Group, Rabu (24/4).

Pemerintah Swiss, lanjut Kunz, sudah menjalin kerja sama dengan Kementerian Perindustrian untuk mendorong kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Adapun dengan Kementerian Pariwisata, pihaknya mendukung keberlangsungan sekolah pariwisata yang berlokasi di Lombok. Dia menekankan pendidikan vokasi dan pelatihan berkontribusi membentuk SDM yang kompetitif. "Kami sangat yakin pendidikan vokasi dan pelatihan sangat bermanfaat bagi SDM di negara ini. Terutama dalam pengembangan kualitas yang berkaitan dengan kepuasan hidup," imbuh Kurt Kunz.

Kurt melihat banyak generasi muda yang mau berhasil dan melihat ke depan," imbuhnya.

Upaya penguatan hubungan bilateral dipengaruhi berbagai elemen. Baik pemerintah Swiss maupun Indonesia memiliki peran relatif kecil. Dalam hal ini, dia menyoroti pembentukan kerangka kerja sama, yang meluas ke perjanjian berbagai bidang, seperti perpanjian proteksi dan promosi investasi bilateral, berikut perjanjian lalu lintas udara.

"Bagaimanapun hubungan bilateral juga bergantung dengan people to people contact. Saya pikir banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengenal lebih baik. Sekitar 1.100 warga Swiss tinggal di Indonesia dan sebanyak 65 ribu turis asal Swiss datang ke Indonesia. Jadi, kita perlu meningkatkan hubungan ke level selanjutnya, termasuk dalam bidang budaya dan komersial," papar Kunz.

Hubungan kerja sama yang kondusif antarkedua negara juga tecermin dalam neraca perdagangan. Berdasarkan data Swiss Federal Customs Administration, total nilai perdagangan Swiss-Indonesia periode 2018 tercatat 1,37 miliar franc swiss.

Perusahaan Swiss yang beroperasi di Indonesia membentuk perkumpulan Swiss Indonesian Chamber of Commerce (Swisscham Indonesia) untuk mendukung investasi dan perdagangan. (Tes/I-1)

Baca Juga

AFP/Hector RETAMAL

Varian Omikron Muncul Lagi di Xinjiang dan Tibet saat Puncak Liburan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:30 WIB
Selama 1-21 Juli 2022, Xinjiang telah menerima 25,5 juta wisatawan atau naik 15,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama...
AFP/Tang Chhin Sothy.

UE Serahkan Teks Final Kesepakatan Nuklir, Respons AS dan Iran Ditunggu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:53 WIB
Uni Eropa mengatakan Selasa (9/8) bahwa mereka mengharapkan Teheran dan Washington untuk sangat cepat menanggapi teks final yang...
AFP/Anwar Amro.

Hizbullah Peringatkan Israel tidak Serang Milisi Palestina di Libanon

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:42 WIB
Pemimpin Hizbullah Libanon Sayyed Hassan Nasrallah, Selasa (9/8), memperingatkan Israel agar tidak memperluas target serangannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya