Senin 27 Februari 2023, 12:30 WIB

Anabul Juga Perlu Rutin Diperiksa Kesehatannya Lho

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Anabul Juga Perlu Rutin Diperiksa Kesehatannya Lho

ANTARA/Ampelsa
Dokter hewan memeriksa kesehatan kucing milik warga di Klinik Pelayanan Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Provinsi Aceh, Banda Aceh.

 

RUTIN membawa anabul memeriksa kesehatan ke dokter hewan, utamanya saat usia anabul sudah dewasa, sangat dianjurkan,. Hal itu diungkapkan dokter hewan sekaligus Corporate Affairs Manager PT Royal Canin Indonesia Novi Wulandari.

"Memang disarankan itu kan setahun dua kali. Kadang ada juga dokter yang bilang sehat jadi enggak apa-apa setahun sekali. Cuma disarankan memang buat hewan yang usianya sudah senior, baik itu anjing atau kucing, itu lebih sering (memeriksakan kesehatannya)," kata Novi, dikutip Senin (27/2).

Pasalnya, anabul berusia dewasa perlu dicek fungsi organnya mengingat usianya yang sudah tua. "Terutama ginjal dan hati," kata Novi.

Baca juga: Ini Penyakit yang Sering Dialami Anabul di Indonesia

Khusus untuk kucing, pawrents sebaiknya lebih rajin melakukan pemeriksaan mengingat sifat kucing yang cenderung tidak menunjukkan gejala penyakit.

"Kucing itu menyembunyikan ya. Kalau dia sakit itu dia tidak akan menampakkan kalau dia sakit. Makanya kucing liar atau kucing dilepasliarkan, kalau sudah lama nggak kelihatan, kemungkinan dia sudah tidak ada (meninggal). Karena kucing biasanya kalau sudah tau kapan saatnya dia pergi, dia akan mencari tempat yang nggak akan dilihat orang," kata Novi.

Pemeriksaan anabul akan disesuaikan dengan tahapan hidup masing-masing, yang pada umumnya akan meliputi vaksin tahun pertama, pemeriksaan antiparasit, kutu dan cacing, hingga pemeriksaan fisiologis seperti telinga, mulut, hidung, mata, otot, dan skor tumbuh.

Sementara untuk anjing ada tambahan pemeriksaan dermatologi jika dibutuhkan. (Ant/OL-1)

Baca Juga

Ist

Matang di Pohon, Apel Lori Miliki Keunggulan Dibandingan Jenis Apel Lain

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 April 2023, 21:31 WIB
Apel Lori merupakan apel yang memiliki penampilan yang tidak semenarik buah apel pada umumnya, namun memiliki rasa yang lebih manis, garing...
Healthline

IDI Minta Menkes Beberkan Data Valid 77 Ribu Dokter Pelamar STR

👤Dinda Shabrina 🕔Sabtu 01 April 2023, 21:05 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin diminta untuk membuktikan validitas data 77 ribu dokter yang melamar Surat Tanda Registrasi (STR)...
Ist

Dukung Modest Fashion, Acara Royal Raya Runway 2023 Digelar di Sarinah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 01 April 2023, 21:01 WIB
Para pelaku industri modest fashion didorong untuk terus menghasilkan produk fashion halal yang bisa memenuhi kebutuhan pasar lokal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya