Sabtu 14 Januari 2023, 22:07 WIB

Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4, Dipermudah Ketemu Jodoh

Meilani Teniwut | Humaniora
Cara Mengamalkan Surat Yusuf Ayat 4, Dipermudah Ketemu Jodoh

DOK Youtube Kisah Islami.
Nabi Yusuf bermimpi.

 

JODOH, umur, dan rezeki sudah diatur Allah SWT yang menentukan dan sudah ada jatah untuk masing-masing. Namun bukan berarti kita cukup dengan berpangku tangan saja tanpa usaha dan ikhtiar untuk mendapatkannya.

Oleh karena itu, kita harus tetap berusaha sekuat tenaga dan berdoa kepada Sang Pencipta. Salah satunya membaca Surat Yusuf ayat 4 untuk jodoh dan memikat lawan jenis. Lantas, bagaimana cara mengamalkannya? Berikut penjelasannya.

Bacaan surat Yusuf ayat 4 Arab, Latin, dan arti

Pada ayat yang keempat dalam Surat Yusuf punya khasiat untuk menarik perhatian serta turut mendatangkan rasa kecintaan pada orang yang melihatnya. Cara mengamalkannya ialah membaca Surat Yusuf ayat 4.

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَٰٓأَبَتِ إِنِّى رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَٱلشَّمْسَ وَٱلْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِى سَٰجِدِينَ

Arab-Latin: Iż qāla yụsufu li`abīhi yā abati innī ra`aitu aḥada 'asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra`aituhum lī sājidīn

(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat 11 bintang, matahari, dan bulan. Kulihat semua bersujud kepadaku."

Tafsir surat Yusuf ayat 4

Terdapat sejumlah penjabaran dari banyak mufassirin mengenai kandungan surat Yusuf ayat 4, antara lain tafsir seperti yang termaktub, dikutip dari Tafsirweb:

1. Tafsir Al-Muyassar.

Sebutkanlah (wahai Rasul), kepada kaummu perkataan Yusuf kepada ayahnya, "Sesungguhnya aku bermimpi melihat dalam tidurku sebelas bintang, matahari, dan bulan, aku melihat mereka semua itu bersujud kepadaku." Mimpi tersebut menjadi pembuka kabar gembira atas martabat yang dicapai oleh Yusuf berupa kedudukan yang tinggi di dunia maupun di akhirat.

2. Tafsir Al-Mukhtashar.

Tafsir kedua dari Surat Yusuf ayat 4 ialah Kami menceritakan kepadamu (wahai Rasul) tatkala Yusuf berkata kepada ayahnya Ya'qub, "Wahai ayahku! Sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang dan aku juga melihat matahari dan bulan. Aku melihat semuanya bersujud kepadaku." Mimpi itu adalah kabar gembira yang disegerakan untuk Yusuf.

3. Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah.

Allah menyebutkan kepada Rasulullah dan umatnya tentang kisah Nabi Yusuf dan pelajaran-pelajaran yang terkandung di dalamnya, mulai dari kisah mimpi menakjubkan yang nanti menjadi kenyataan. Nabi Yusuf berkata kepada ayahnya, Ya'qub, "Wahai ayahku, aku melihat dalam mimpi sebelas bintang, serta matahari, dan bulan, semuanya bersujud kepadaku!"

4. Tafsir Ringkas Kementerian Agama RI.

Dalam tafsir tersebut disampaikan bahwa di antara wahyu Alquran yang diturunkan Allah SWT berupa kisah-kisah umat terdahulu yang belum diketahui dengan jelas oleh Nabi Muhammad SAW dan umatnya. Ayat surat Yusuf ayat 4 ini menjelaskan mengenai salah satu kisah tersebut.

Allah memulai kisah Nabi Yusuf dengan menceritakan perihal mimpinya, yakni saat Yusuf putra Nabi Yaqub berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku, sungguh, sungguh, aku bermimpi melihat sebelas bintang, yakni saudaranya yang berjumlah sebelas, matahari, yakni ayahnya dan bulan, yakni ibunya; kulihat semuanya sujud atau mengarahkan pandangannya dan hormat kepadaku. Kemudian Nabi Ya'qub berkata, wahai anakku! Janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudaramu. Aku khawatir jika mereka tahu, mereka akan membuat tipu daya untuk membinasakanmu, akibat dari kedengkian mereka. Sungguh setan itu musuh yang jelas bagi manusia karena terus memunculkan rasa permusuhan di antara sesama."

Keutamaan surat Yusuf ayat 4

Surat Yusuf bercerita tentang kisah Nabi Yusuf AS. Dikisahkan, bahwa Nabi Muhammad SAW banyak mengambil pelajaran dari surat ini. Umat Islam yang membaca surat Yusuf dan memahami kisah tentang Nabi Yusuf yang terkandung di dalamnya bisa mengambil banyak pelajaran berharga.

Ditambah lagi, surat Yusuf ayat 4 juga mempunyai keutamaan-keutamaan lain yang baik untuk diamalkan. Berikut di antaranya:

- Siapa yang membaca ayat 4 surat Yusuf, wajah orang itu akan berseri-seri, selalu disegani, dan dihormati oleh orang.
- Membaca surat Yusuf ayat 4 dipercaya bisa untuk mendapatkan jodoh atau memikat hati serta mampu meluluhkan hati manusia. Seperti yang umat Islam ketahui, Nabi Yusuf merupakan utusan Allah SWT yang dianugerahi wajah teramat tampan.
- Selain di ayat ke-4, manfaat selanjutnya terdapat pada ayat ke-64 surat ini, orang yang membacanya akan terhindar dari kesulitan hidup. Selain itu, bagi orangtua yang membaca ayat ke-68 surat Yusuf, anaknya diharapkan menjadi keturunan saleh yang berbakti kepada orangtuanya.

Cara mengamalkan surat Yusuf ayat 4

Surat Yusuf ayat 4 diyakini pula oleh sebagian umat muslim sebagai doa agar bisa mempermudah mendapatkan jodoh. Berikut beberapa cara mengamalkannya.

- Niatkan dalam hati dengan tujuan yang baik untuk mengamalkan surat Yusuf ayat 4.
- Selanjutnya baca surat Yusuf ayat 4. Pastikan Anda sudah mandi serta berwudhu atau dalam keadaan suci. Kemudian sesudah membaca tiupkan pada kedua telapak tangan dan sapukan pada wajah.
- Agar mendapatkan kesempurnaan niat untuk mencari jodoh atau pasangan, amalkan bacaan surat Yusuf ayat 4 ini secara rutin sesudah salat 5 waktu. Dibaca 3 kali secara rutin, tambahkan surat Al-Ikhlas. Lalu tiupkan pada dua telapak tangan lalu usapkan pada muka.
- Mendapat kebaikan dalam hidup, dipercaya jika membaca surat Yusuf ayat 4 sebanyak 7 kali dalam sehari.
- Selain digunakan dalam mencari jodoh, surat Yusuf ayat 4 memiliki makna yang sangat baik untuk menimbulkan rasa kasih sayang serta hormat terhadap sesama.
- Bagi siapa yang rutin membaca surat Yusuf ayat 4, wajah akan terlihat lebih berseri-seri, serta bercahaya bagi yang memandang. (OL-14)

Baca Juga

precisionspinecare.com

Ketahui Bahaya Mengabaikan Gejala Penyakit Syaraf

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:00 WIB
Profil pasien dengan gangguan saraf bergeser ke usia produktif, mulai 20 sampai 30 tahun ke...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Presiden Janjikan Regulasi untuk Menopang Industri Pers

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:00 WIB
Dulu isu utama para pekerja media adalah kebebasan pers. Sekarang, situasi sudah berubah. Pers tidak lagi berjuang memperoleh kebebasan,...
Ist

Universitas Alma Ata Raih Ranking ke-22 PTS Terbaik Indonesia 

👤Agus Utantoro 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:53 WIB
Di lingkungan perguruan tinggi Nahdlatul Ulama, dari 270 PTNU (Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama), Universitas Alma Ata (UAA) bertengger di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya