Jumat 13 Januari 2023, 18:11 WIB

Gerakan PSN Menurun, Kasus DBD di RI Melonjak

Atalya Puspa | Humaniora
Gerakan PSN Menurun, Kasus DBD di RI Melonjak

Antara
Petugas melakukan pengasapan untuk mencegah penyakit DBD.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) mencatat kenaikan kasus demam berdarah dengue (DBD) pada 2022, yakni 125.888 kasus. Angka itu naik dari yang sebelumnya 73.518 kasus pada 2021.

Selain itu, kasus kematian akibat DBD juga meningkat pada 2022 menjadi 1.082 kematian, dari yang sebelumnya 705 kematian pada 2021. "Peningkatan aktivitas membuat gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) tidak optimal," ujar Kepala Biro Komunikasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Jumat (13/1).

Pada 2021, kasus DBD tertinggi berasal dari wilayah Kota Bandung, Kota Depok, Bogor, Kota Bekasi, dan Bandung. Sementara pada 2022, kasus tertinggi berasal dari Bandung, Kota Bekasi, Kota Bekasi, Kota Depok dan Kota Medan.

Baca juga: Kasus DBD Mulai Muncul, Warga Kota Kupang Diminta Waspada

Untuk mencegah peningkatan kasus DBD pada 2023, Kemenkes akan lebih menggencarkan upaya pencegahan di berbagai wilayah. "Masyarakat juga diimbau melakukan pengendalian sendiri dengan PSN 3M plus melalui gerakan 1 rumah 1 jumantik. Serta, menanam pohon pengusir nyamuk, gunakan lotion antinyamuk dan memelihara ikan pemakan jentik," pungkasnya.

Sejak akhir 2021, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada yang didukung oleh World Mosquito Program (WMP) Yogyakarta dan Yayasan Tahija menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dalam penerapan metode penanganan penyebaran virus dengue dengan bakteri alami yang disebut Wolbachia.

Baca juga: Vaksinasi dan 3M Plus Merupakan Kombinasi Unggul Cegah DBD

Program ini bernama Wolbachia wis Masuk Bantul (WoW Mantul). Sebanyak 22.154 ember berisi telur nyamuk Aedes aegypti ber-Wolbachia telah dititipkan di rumah Orang Tua Asuh pada bulan Mei dan hingga akhir Desember persentase nyamuk ber-Wolbachia di Bantul telah stabil tinggi di 76,8%.

“Program WoW Mantul diimplementasikan di 11 kapanewon, 38 kalurahan, dan 519 padukuhan, serta bekerja sama dengan 18 puskesmas dan sekitar 3.200 kader kesehatan,” terang Diagnostic Team Leader WMP Yogyakarta Eggi Arguni.(OL-11)

Baca Juga

Kemenag

BPJPH Beri Konsultasi Sertifikasi Halal Gratis di Pameran Satu Abad NU

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:50 WIB
BPJPH membuka layanan konsultasi Sertifikasi Halal Gratis (SEHATI) 2023 pada Pameran 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa...
Kemenag

Kementerian Agama Waspadai Isu Fanatisme Kelompok di Tahun Politik

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:35 WIB
WAKIL Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi meminta jajaran Kemenag mewaspadai isu fanatisme kelompok di tahun...
Antara

Pemerintah Siapkan Program Haji Ramah Lansia dan Berkebutuhan Khusus

👤Zubaedah Hanum 🕔Minggu 05 Februari 2023, 23:25 WIB
KEMENTERIAN Agama menyiapkan program Haji Ramah Lansia dan Haji Berkebutuhan Khusus untuk pelaksanaan musim haji tahun ini karena banyaknya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya