Kamis 12 Januari 2023, 21:38 WIB

Total 10 Anak Keracunan Chiki Ngebul, Kasus Terbaru dari Ponorogo

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Total 10 Anak Keracunan Chiki Ngebul, Kasus Terbaru dari Ponorogo

Antara
Potret sejumlah anak menikmati wahana bermain.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) melaporkan kasus keracunan chiki ngebul atau penggunaan nitrogen cair pada makanan sebanyak 10 kasus dari beberapa daerah.

"Ada 10 kasus dengan keracunan pangan," ujar Direktur Penyehatan Lingkungan Kemenkes Anas Ma'ruf dalam konferensi pers virtual, Kamis (11/1).

Berdasarkan data yang dihimpun, mayoritas kasus yang terjadi sampai saat ini merupakan anak-anak. Pada Juli 2022, muncul 1 kasus anak yang mengalami sakit setelah mengonsumsi ice smoke atau chiki ngebul di Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. 

Baca juga: Pedagang tidak Boleh Sembarangan Jual Makanan dengan Nitrogen Cair

Kemudian, pada 19 November 2022, Puskesmas Leuwisari di Kabupaten Tasikmalaya melaporkan kasus keracunan pangan dengan 23 orang. Satu kasus dirujuk ke rumah sakit, 7 orang mengalami gejala dan sisanya tidak mengalami gejala. Pada 21 Desember 2022, RS Haji Jakarta melaporkan pasien berusia 4,2 tahun dengan keluhan luka nyeri.

"Hari ini masuk satu laporan baru dari Jawa Timur. Ada kemungkinan anak keracunan dari chiki ngebul. Sedang dilakukan Penjaringan Epidemiologi (PE), kita juga melakukan pemantauan dari rumah sakit dan puskesmas," jelas Anas.

Baca juga: Ini Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Anas menyebut kasus perdana keracunan dari nitrogen cair terjadi pada 2022. Sementara, pada tahun sebelumnya tidak ada laporan kasus. Kemenkes juga sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: KL.02.02/C/90/2023, di mana perlu adanya peningkatan kewaspadaan penggunaan nitrogen cair pada pangan siap saji untuk mencegah keracunan.

Dinas kesehatan, puskesmas dan BTKLPP setempat perlu memberikan pembinaan, pengawasan hingga edukasi kepada pelaku usaha, sekolah, anak, dan masyarakat terkait bahaya penggunaan nitrogen cair terhadap pangan siap saji. Kemenkes juga tidak merekomendasikan nitrogen cair pada makanan siap saji.(OL-11)

Baca Juga

Ist

Cara Atasi Penuaan Kulit: Tujuh Hal yang Boleh dan Tak Boleh Dilakukan

👤mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:29 WIB
Penuaan ekstrinsik adalah agresi eksternal  seperti polusi atau sinar UV dan kebiasaan gaya hidup seperti merokok atau makan...
Antara

PGI Minta Presiden Perhatikan Kasus Larangan Beribadah

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:24 WIB
PGI mencatat setidaknya ada lima peristiwa diskriminasi dan intoleransi sejak 17 Januari 2023. Larangan itu dengan alasan rumah ibadah...
dok.ist

Mak Ganjar Lampung Gelar Pelatihan Kerajinan Tangan dengan Metode Ecoprint

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:05 WIB
SUKARELAWAN Mak Ganjar Lampung melanjutkan kegiatan positif dengan menyasar kaum ibu-ibu yang ada di provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya