Selasa 03 Januari 2023, 17:19 WIB

Cara Membuat Taman Vertikal Sederhana Minimalis untuk Pemula

Joan Imanuella Hanna Pangemanan | Humaniora
Cara Membuat Taman Vertikal Sederhana Minimalis untuk Pemula

Antara/Galih Pradipta.
Pengendara sepeda motor melintas di samping taman vertikal di Tugu Tani, Jakarta.

 

TAMAN vertikal atau yang sering disebut dengan dinding hidup semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Meskipun pada awalnya, taman vertikal merupakan solusi untuk mengatasi lahan terbatas, konsep taman ini menjadi tren universal tidak hanya sebagai dinding hidup, melainkan sebagai bentuk keindahan suatu bangunan.

Hunian yang memiliki dinding hidup dapat memberikan kesegaran kepada orang di dalamnya. Anda dapat mengaplikasikannya di luar atau di dalam ruangan. Berikut beberapa inspirasi taman vertikal di rumah yang dapat Anda coba.

Lukisan dari tanaman

Lukisan yang terbentuk dari beberapa tanaman ini memiliki beragam tekstur, ukuran, dan warna. Anda dapat merasakan nuansa baru dan mewah dari konsep ini.

Di samping kolam renang

Taman vertikal dapat menghadirkan suasana tropis di kolam renang dengan berbagai tanaman tinggi atau lebat di pinggir kolam. Selain suasana tropis, dinding hidup juga dapat menjadi latar yang estetik.

Ornamen dinding hidup

Anda dapat menghias dinding dengan beberapa lubang untuk tanaman, dengan pola acak atau teratur. Isilah ruang tersebut dengan beragam tumbuh-tumbuhan sebagai elemen ornamental yang mempercantik dinding.

Susunan pot

Anda juga dapat menggunakan susunan pot bertingkat. Pot tanaman cukup diletakkan pada rangka susun vertikal yang sudah disiapkan. Agar terlihat rimbun, sebaiknya memilih jenis tanaman dengan daun lebar atau panjang menjuntai.

Bata eskpose

Aplikasi dinding hidup dengan bata ekspos menjadi salah satu alternatif lain. Warna merah bata yang disusun sedemikian rupa dapat menjadi pendamping yang cocok bagi dinding hidup.

Kayu

Selain dengan bata, Anda juga dapat menggunakan kayu yang dapat mempertegas nuansa alami.

Jendela kayu bekas

Jendela kayu berkisi-kisi dapat Anda manfaatkan sebagai dinding hidup. Anda hanya perlu memberikan lapisan di bagian belakang dan Anda dapat menempatkan tanaman Anda di sana.

Tanaman sayur

Konsep ini juga dapat memberikan segudang manfaat bagi Anda. Anda dapat menanam beberapa sayuran atau rempah daun pada media vertikal yang terbuat dari kayu kokoh.

Sudut luar bangunan

Penerapan dinding hidup di sudut siku luar dari bangunan dapat memberikan efek cantik dan segar agar penampilan rumah Anda lebih unik dan berkarakter.

Bingkai sukulen

Bingkai yang biasanya digunakan untuk tempat foto, namun kali ini Anda dapat berkreasi dan menjadikannya tempat tanaman. Anda dapat memilih tanaman sukulen yang tidak membutuhkan banyak air sehingga tidak mudah kotor. Selain itu, beberapa jenis sukulen akan membuat tampilan dinding hidup lebih semarak. (OL-14)

Baca Juga

AFP

Vaksinasi Covid-19 Bayi 6 bulan Diberikan Triwulan Kedua, Gunakan Pfizer

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 23:45 WIB
VAKSINASI covid-19 untuk kelompok usia 6 bulan ke atas diperkirakan akan dimulai pada triwulan kedua 2023 karena mempertimbangkan kesiapan...
Antara

Pemerintah Galakkan lagi Program Posyandu Aktif di April 2023

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:45 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) akan menggerakkan kembali masyarakat agar mengecek kondisi bayi di posyandu melalui Program Posyandu Aktif...
MI/Susanto

Gerak Nuklir Sebagai Sumber Energi Terbarukan di Indonesia Terhambat karena Ini

👤Muhammad Anugrah Ramadhan 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:30 WIB
PEMANFAATAN nuklir di Indonesia diyakini menjadi salah satu sumber energi terbarukan yang potensial untuk bisa dimanfaatkan demi mencapai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya