Rabu 28 Desember 2022, 12:15 WIB

Mahasiswa Arsitektur UNS Desain Masjid Berbahan Utama Bambu

Widjajadi | Humaniora
Mahasiswa Arsitektur UNS Desain Masjid Berbahan Utama Bambu

DOK/HUMAS UNS
Tim kecil Prodi Arsitektur UNS dan desain masjid berbahan dasar bambu

 

TIM kecil Program Studi Arsitektur Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berhasil memenangi juara tiga sayembara desain arsitektur masjid tingkat nasional yang digekar Universitas Muslim Indonesia Makasar.
 
Kompetisi diikuti 46 tim dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air. Tim UNS yang berjumlah tiga mahasiswa menggunakan bahan lokal bambu.
 
Mereka ialah Lexa Maulvi Yonan, Pramudya Wahyu Pamungkas, dan Mazza Zulfikar Wibowo. Tim ini mampu memanfaatkan bambu sebagai bahan lokal membuat desain masjid, sebagai upaya membangkitkan pemanfaatan material lokal daerah.
 
"Desain masjid kami berlokasi di Kabupaten Temanggung yang erat dengan komoditas bambu. Melalui penggunaan material bambu, kami mencoba mengeksplorasi terkait desain dan bentuk bangunan karena material bambu cenderung fleksibel untuk dibentuk," ujar Lexa, Rabu (28/12).

Dia menambahkan latar belakang pembuatan desain ini, karena kebetulan salah seorang anggota tim berasal dari Temanggung yang kaya bahan lokal bahan bambu.
 
Tim kecil itu mensurvei dan sekaligus mengeksplorasi dengan maksimal. Material bambu dalam dunia arsitektur masih belum banyak dimanfaatkan dan sedikit bangunan yang menggunakan material utama bambu.   
    
Mereka pun berketetapan mengusung konsep masjid berupa tiga pola hubungan kehidupan manusia dalam Islam, yakni hubungan antara manusia dengan Allah, hubungan antara manusia dengan alam dan hubungan antara sesama manusia.   
 
Ketiga pola hubungan inilah yang menjadi landasan dalam pengolahan site hingga ke massa bangunannya. Pola inilah yang kemudian membawatim kecil Prodi Arsitektur UNS itu berhasil lolos menjadi lima finalis dan membawa pulang juara tiga.   
 
"Harapan tim kami, bisa dapat juara dua, tapi ternyata hanya dapat juara tiga. Namun, ini juga menjadi pencapaian tertinggi karena tim kami berasal dari satu prodi dan satu indekos yang belum pernah ikut sayembara di satu tim yang sama," imbuh Lexa.
 
Mereka berharap capaian ini bisa menjadi penyemangat agar ke depan bisa meraih prestasi yang lebih baik. "Selain penyemangat, tentu saja kami ingin mengharumkan nama Prodi Arsitektur UNS ke depannya." (N-2)

Baca Juga

Ist

IBI Siap Menjadi Wadah Entrepreneur Bagi Generasi Masa Depan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 18:09 WIB
Dalam membantu memberikan pengarahan prospek karier bagi para mahasiswanya, IBI Kwik Kian Gie juga menyediakan berbagai program seperti...
Dok MI

KemenPPPA Sebut Perkawinan Anak di Indonesia Sudah Mengkhawatirkan

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:41 WIB
Lebih banyak disebabkan oleh faktor pemohon perempuan sudah hamil terlebih dahulu dan faktor dorongan dari orangtua yang menginginkan anak...
HO

Kemenag Gelar Pelatihan Kurikulum Merdeka Melalui MOOC Pintar

👤Widhoroso 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:33 WIB
KEMENTERIAN Agama (Kemenag) melalui Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat kembali menyelenggarakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya