Jumat 02 Desember 2022, 08:00 WIB

BMKG Diminta Terus Update Potensi Bencana Hidrometeorologi Jelang Nataru

Mediaindonesia.com | Humaniora
BMKG Diminta Terus Update Potensi Bencana Hidrometeorologi Jelang Nataru

Dok. DPR Ri
Anggota Komisi V DPR Ri Bob Andika Mamasa Sitepu

 

ANGGOTA Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu, meminta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk terus menyampaikan kepada masyarakat maupun stakeholder terkait, termasuk Badan SAR Nasional (Basarnas) dan pengelola transportasi baik darat, laut maupun udara, mengenai mitigasi bencana yang harus dilakukan untuk mengantisipasinya. Mengingat, Indonesia akan menghadapi potensi cuaca ekstrim menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Hal itu disampaikan Bob dalam Kunjungan Kerja Spesifik (Kunspik) Komisi V DPR RI yang melakukan pertemuan dengan kementerian/lembaga terkait, Kepala Kantor AirNav Indonesia, Otoritas Pelabuhan Utama Belawan, Dirut PT Angkasa Pura II, PT AP Aviasi & GMR, PT Pelindo, PT Pelni, PT ASDP, BMKG dan Basarnas beserta jajaran di Medan, Sumatra Utara.

"Kita menyampaikan kepada BMKG supaya menyampaikan kepada mitra-mitra kita, bahwa jika ada titik-titik bencana supaya persiapan Basarnas dan juga mitra kita, seperti BPJN (Balai Pelaksanaan Jalan Nasional) atau BWS (Balai Wilayah Sumatera) supaya mereka tahu untuk melakukan persiapan-persiapan (mitigasi bencana)," ujar Bob..

Lebih lanjut, dalam Kunspik tersebut, Politisi Fraksi PDI-Perjuangan itu menilai kesiapan stakeholder di Sumatra Utara dalam menghadapi Nataru 2022 dan Tahun Baru 2023 sendiri sebenarnya sudah siap. Meski begitu, pihaknya terus meminta komunikasi antar-stakeholder untuk terus ditingkatkan.

Baca juga : Ada Kesenjangan Komitmen, Pakar : Biaya Adaptasi Iklim bakal Membengkak

"Intinya sebenarnya perlu komunikasi saja antar balai-balai memberikan informasi. BMKG kan mempunyai info-info di teknologi yang bagus. Mungkin mitra kita, seperti Balai Kementerian PUPR perlu diberi tahu juga informasi terkait teknologi, seperti yang disampaikan BMKG. Kan ada teknologi yang kita bisa melihat perkiraan cuaca segala macam lewat WA (whatsapp), diberitahukan lewat BMKG kepada mitra-mitra kita," jelasnya.

Terakhir, Legislator Dapil Sumatra Utara II berharap, pelaksanaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Sumatera Utara nantinya dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, para penumpang yang melakukan perjalanan, baik darat, laut, maupun udara dapat melakukan perjalanan dengan aman dan lancar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Kita berharap Nataru ini tidak terjadi apa-apa. Kita harapkan berjalan dengan sukses, dan kita harapkan selama Nataru ini mudah-mudahan tetap penumpang-penumpang yang melaksanakan perjalanannya khususnya melalui udara, darat ataupun laut tetap melaksanakan protokol kesehatan," tutupnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Baznas

BAZNAS Resmikan UPZ STF UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:46 WIB
Ketua BAZNAS RI Noor Achmad mengutarakan rasa syukurnya lantaran kembali bertambahnya UPZ BAZNAS setelah terbentuknya UPZ Social Trust Fund...
ANTARA FOTO/Basri Marzuki

KLHK Siapkan Anggaran Rp1,6 M untuk Kegiatan Berbasis Masyarakat

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:18 WIB
Sebanyak Rp1,6 miliar dialokasikan kepada setiap unit eselon 1 untuk kegiatan berbasis masyarakat di lapangan. Seperti misalnya patroli,...
MI/Retno Hemawati

DPR Nilai Implementasi Program BRIN Lemah

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:17 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS Mulyanto menilai implementasi program Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sangat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya