Senin 28 November 2022, 19:35 WIB

Puluhan Dokter Turun ke Jalan Minta DPR Cabut Omnibus Law Kesehatan

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Puluhan Dokter Turun ke Jalan Minta DPR Cabut Omnibus Law Kesehatan

MI/M Iqbal Al Machmudi
Dokter protes RUU Omnibus Law Kesehatan di depan gedung DPR, Jakarta, Senin (28/11)

 

RATUSAN dokter dan tenaga kesehatan yang tergabung dalam berbagai organisasi profesi, serta mahasiswa dari berbagai universitas fakultas kedokteran melakukan aksi demo menuntut pencabutan Rancangan Undang-undang (RUU) Kesehatan atau Omnibus Law Kesehatan dari Prolegnas prioritas.

Organisasi profesi yang ikut menyuarakan aspirasinya untuk menolak pembahasan Omnibus Law Kesehatan antara lain IDI, PDGI IBI, PPNI, IAI, dan lainnya.

Wakil Ketua Bidang Organisasi IDI sekaligus Koordinator Aksi dr Yadi Permana mengatakan terdapat 3 poin yang dituntut oleh organisasi profesi kesehatan salah satunya adalah terkait mengeluarkan RUU tersebut dari Prolegnas.

"Menolak RUU Kesehatan dan mendesak pimpinan DPR RI agar RUU ini dikeluarkan dari Prolegnas Prioritas karena pembahasannya dinilai sangat tidak transparan dan tidak sesuai dengan ketentuan pembentukan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Yadi kepada Media Indonesia di DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (28/11).

Ketidakjelasan tersebut ditambah dengan tidak adanya Naskah Akademik (NA) yang dibicarakan bersama pemangku kepentingan dan masyarakat untuk melihat dasar filosofis, sosiologis, dan yuridis.

Selain itu mereka juga menilai adanya kapitalisasi pada RUU tersebut. Sekaligus menolak adanya pelemahan prpfesi5 kesehatan yang selama ini dinilai tidak bermasalah pada undang-undang sebelumnya.

"Menolak adanya liberalisasi dan kapitalisasi kesehatan yang akan mengorbankan hak kesehatan rakyat selaku konsumen kesehatan," ujarnya.

" Dan kami juga menolak pelemahan profesi kesehatan dan penghilangan peran-peran organisasi profesi yang selama ini telah berbakti bagi negara dalam menjaga mutu dan profesionalisme anggota profesi yang semata-mata demi keselamatan dan kepentingan pasien," pungkasnya. (H-2)

Baca Juga

Antara/Muhammad Adimaja.

Manfaatkan Setiap Potensi yang Ada dalam Upaya Menjawab Berbagai Tantangan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:44 WIB
Berdasarkan penilaian tiga aspek tersebut Indonesia dinobatkan sebagai negara paling dermawan di...
Ist

Empat Wakil Rektor Unesa Dilantik, Termasuk Putri Wapres Ma’ruf Amin

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:21 WIB
Dr.Hj,Siti Nur Azizah,SH, M.Hum yang menjabat Wakil Rektor Bidang IV adalah putri keempat Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin...
Ist

Waspadai Aritmia Bisa Menyerang Kalangan Usia Muda

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 20:11 WIB
Aritmia yaitu suatu kondisi ketika detak jantung tidak teratur, lebih cepat, atau lebih lambat dari yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya