Sabtu 26 November 2022, 08:30 WIB

Anggota DPR Minta Pemulihan Kondisi Pascabencana Gempa Cianjur Mulai Dipetakan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Anggota DPR Minta Pemulihan Kondisi Pascabencana Gempa Cianjur Mulai Dipetakan

Dok. DPR RI
Anggota Komisi VIII DPR Ri Abdul Wachid

 

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid meminta pemerintah dalam penanganan korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memperhatikan pemulihan kondisi pascabencana.

“Tidak hanya saat terjadi bencana saja, akan tetapi pascabencana justru sangat penting, dan para korban bencana sangat membutuhkan perhatian dari mulai infrastruktur, sarana-prasarana sampai persoalan membangkitkan ekonomi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.

Abdul menyebut penanganan korban bencana gempa Cianjur sejauh ini masih berfokus pada penanggulangan kejadian, sedangkan pemulihan pascabencana belum menjadi perhatian serius.

Ke depannya, kata Abdul, pemerintah pusat maupun daerah perlu lebih menggerakkan Kampung Siaga Bencana (KSB) karena Indonesia terletak di lingkaran cincin api (ring of fire) sehingga rentan terjadi bencana gempa bumi hingga tsunami.

“Selain gempa bumi, negara kita ini di daerah tropis yang mudah terjadi banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan. Itulah saya dorong dibentuknya Kampung Siaga Bencana,” katanya.

Baca juga : Menteri Pertanian Lepas Bantuan Kemanusiaan Gempa Cianjur

Meski demikian, ia mengapresiasi langkah cepat Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan korban bencana gempa bumi Cianjur di mana semua kementerian/lembaga hingga TNI maupun Polri terjun langsung memberikan bantuan

“Saya kira gerak pemerintah sudah cukup baik, artinya Presiden sudah perintahkan semua pembantunya untuk segera menangani masalah bencana," ujarnya.

Bahkan, ujarnya, bantuan bagi para korban bencana gempa bumi tidak hanya datang dari pemerintah pusat, melainkan dari pemerintah daerah (pemda) dan para anggota DPRD kabupaten/kota.

Dengan demikian, kata Abdul, gerak cepat pemerintah tersebut patut mendapat dukungan penuh dari semua pihak. Ia mengajak para anggota DPR RI, DPD RI, dan DPRD provinsi maupun kabupaten/kota ikut membantu pemerintah dalam meringankan beban korban gempa Cianjur.

“Dewan kabupaten/kota, provinsi hingga DPR RI untuk menyisihkan sebagian gajinya guna membantu korban bencana di Cianjur,” kata Abdul. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Ist

“Cinta Yang Memulihkan", Kumpulan Cerpen dari Penulis ALINEA  

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:44 WIB
Sejumlah penulis yang menyumbangkan cerpennya hadir dan kemudian membacakan karyanya, diiringi musikalisasi gitar dan...
MI/HO

Lestarikan Budaya Nusantara, TNI AL Adakan Pagerlaran Wayang Orang

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:24 WIB
Pagelaran Pandowo Boyong itu rencananya akan dilaksanakan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Kamis (15/12)...
Dok. DPR RI

Revisi UU Pengolahan Sampah Diperlukan untuk Akomodasi Peran Swasta

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 08:59 WIB
Selain soal kontribusi investor swasta, ada hal lain yang perlu direvisi pada UU No. 18 Tahun 2008 ini. Terutama berkaitan dengan insentif,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya