Sabtu 29 Oktober 2022, 13:30 WIB

Prof Sadono Sukirno : Pahami Analisis dan Teori Dasar dalam Ilmu Ekonomi

mediaindonesia.com | Humaniora
Prof Sadono Sukirno : Pahami Analisis dan Teori Dasar dalam Ilmu Ekonomi

Ist
Prof. Sadono Sukirno menyampaikan kuliah umum terkait buku barunya “Prinsip-Prinsip Ekonomi” di Universitas Muhammadiyah, Sumut.

 

KEGIATAN ekonomi merupakan bagian penting dari aktivitas individu, rumah tangga, masyarakat, perusahaan dan pemerintah.

Membahas dan menganalisis kegiatan berbagai pelaku kegiatan ekonomi di atas merupakan salah satu bidang studi penting dalam ilmu sosial dan dikenal sebagai ilmu ekonomi.

Dalam bidang studi ini, setiap individu yang ingin memahami ilmu ekonomi perlu mempelajari analisis dan teori dasar dalam ilmu tersebut. 

Menurut Prof. Sadono Sukirno, guru besar dan penulis buku 'Prinsip-Prinsip Ekonomi" dalam bidang ekonomi pembangunan, analisis dan teori dasar dalam ilmu ekonomi dibedakan kepada dua bidang studi yaitu mikroekonomi (ekonomi mikro) dan makroekonomi (ekonomi makro). 

Apakah yang diterangkan dalam mikroekonomi dan makroekonomi? Sadono menjelaskan dengan detail. Pertama. Memahami arti kegiatan ekonomi dan kegiatan perekonomian dan peranan ilmu ekonomi dalam menerangkannya.

Kedua. Aspek utama yang diliputi dalam analisis dan teori dasar dalam mikroekonomi. Ketiga. Aspek utama yang diliputi dalam analisis dan teori dasar dalam Makroekonomi.

Dalam memperhatikan persoalan ini pertama-tama akan diterangkan arti darikegiatan ekonomi dan kegiatan perekonomian.

Sesudah itu akan diperhatikan cara ilmu ekonomi menganalisis kegiatan yang berlaku dalam perekonomian.

"Arti kegiatan ekonomi dan kegiatan perekonomian kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai kegiatan anggota masyarakat, perusahaan dan pemerintah untuk memproduksi barang dan melakukan pembelanjaan. Sebagai contoh perhatikan kegiatan suatu perusahaan — misalnya restoran," papar Prof.Sadono dalam keterangan pers, Sabtu (29/10).

"Pemilik dan pekerja akan aktif setiap hari menghasilkan berbagai jenis makanan yang diinginkan pelanggannya," kata penulis buku "Prinsip-Prinsip Ekonomi".

Baca juga: Buah Pikir Buya Syafii Maarif dalam Tiga Buku Baru

“Dari kegiatan ‘memproduksi’ tersebut mereka memperoleh pendapatan. Dengan menggunakan pendapatan yang mereka peroleh mereka akan melakukan “perbelanjaan” — yaitu membeli barang dan jasa yang dibutuhkan dalam hidup mereka dan keluarga mereka," terang Prof. Sadono.

"Artinya, setiap kegiatan ekonomi dapat digambarkan dengan dua cara: pertama, melihat kegiatan memproduksinya, dan kedua melihat kegiatan perbelanjaannya,” paparnya Sadono.

Dalam pesan ini keliling ke berbagai kampus di Medan, Sumut, Prof.Sadono memberikan kuliah umum dan berdiskusi  soal ini terkait buku terbarunya berjudul “Prinsip-Prinsip Ekonomi” yang diterbitkan Prenada Media, 2022 ini.

Adapun kampus yang didatangi dan menggelar diskusi bukunya adalah  Universitas Nomensen, Universitas HKPB, dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Perhatikan Dua Sudut Pandang

"Kegiatan dalam keseluruhan perekonomian juga perlu diperhatikan dari dua sudut pandangan: dari berbagai jenis kegiatan memproduksi yang dilakukan dan dari berbagai bentuk kegiatan perbelanjaan yang dilakukan," tutur Prof.Sadono.

Menganalisis kegiatan di sektor primer, sekunder dan tersier merupakan analisis mengenai kegiatan perekonomian untuk memproduksi barang dan jasa. 

"Sedangkan melihat pembelanjaan yang dilakukan rumah tangga, perusahaan dan pemerintah dan penduduk negara lain untuk membeli barang dalam perekonomian merupakan analisis dari segi perbelanjaan yang berlaku dalam perekonomian," katanya.

"Melalui analisis dalam ilmu ekonomi bagaimana kegiatan yang berlaku dalam perekonomian diterangkan dan dievaluasi? Pada dasarnya ilmu ekonomi yang menganalisis kegiatan yang berlaku dalam perekonomian dengan dua cara yaitu  menerangkan dan membahasnya secara deskriptif, serta  menggambarkannya secara analitis," papar Sadono. (RO/OL-09)

Prof. Sadono Sukirno, guru besar dan penulis buku terkenal dalam bidang ekonomi pembangunan tengah menyampaikan kuliah buku terkait buku barunya, “Prinsip-Prinsip Ekonomi” di Universitas Muhammadiyah, Sumatera Utara, akhir pekan ini

Baca Juga

Antara

Update 7 Desember 2022: 3.351 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:41 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 230 sehingga menjadi 47.430...
AFP

Google Indonesia Membuka Program Bangkit untuk Anak Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:54 WIB
Sejak 2019, sudah ada lebih dari 3.000 peserta dari bangku perkuliahan yang mendalami materi dan ilmu terkait teknologi terkini dari...
MI/Ramdani

Ini 35 Ide Kado untuk Hari Ibu

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:43 WIB
Beragam ucapan selamat dan kado akan banyak dijadikan pilihan sebagai bentuk terima kasih dan ucapan sayang kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya