Jumat 28 Oktober 2022, 15:39 WIB

Tanoto Foundation Ajak Gen Z Rancang Masa Depan Bangsa

Mediaindonesia.com | Humaniora
Tanoto Foundation Ajak Gen Z Rancang Masa Depan Bangsa

MI/HO
Kuliah-Kerja Fest! 2022.

 

BADAN Pusat Statistik (BPS) dalam Sensus Penduduk 2020 menunjukkan, gen Z yang lahir pada 1997- 2012 adalah kelompok terbesar dalam struktur populasi Indonesia. Jumlahnya mencapai 75,49 juta orang atau 27,94% dari populasi.

Melibatkan Gen Z dan generasi Indonesia selanjutnya dalam penyusunan rencana pembangunan nasional untuk masa depan sudah sepatutnya dilakukan. Karena merekalah yang akan berperan di masa tersebut nantinya.

Karena itu, Tanoto Foundation bersama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi-Kementerian PNN/Bappenas serta Tim Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menggelar Kuliah-Kerja Fest! 2022. 

Program ini untuk memfasilitasi dan melibatkan Gen Z dalam perancangan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) khususnya di bidang Pendidikan Tinggi. 

"Dengan tema Mimpi Pendidikan Tinggi Indonesia 2025-2045, Kuliah-Kerja Fest! 2022 mengundang perwakilan pelajar dan mahasiswa yang merupakan Gen Z dan Gen Alpha, pimpinan dunia usaha dunia industri (DUDI), serta perwakilan perguruan tinggi untuk berdiskusi bersama dan memberikan sumbangan pemikiran serta mimpi-mimpi untuk pendidikan tinggi indonesia di masa depan," ujar 
Head of Leadership Development and Scholarship Tanoto Foundation Aryanti Savitri lewat keterangannya, Jumat (29/10)


Rangkaian Kuliah-Kerja Fest! 2022 dimulai dengan survei online yang melibatkan sekitar 2000 pelajar dan mahasiswa. Kemudian dilanjutkan dengan kompetisi menulis, dan kompetisi video pendek. Survei dan kompetisi ini diadakan untuk memberikan kesempatan pelajar dan mahasiswa berbagi pemikiran dan ide-ide untuk pendidikan tinggi di masa depan. 

Lalu puncak acara Kuliah-Kerja Fest! 2022 adalah diskusi yang dilakukan secara hybrid di Kementerian PPN / Bappenas pada Kamis (27/10) yang terbagi dalam 2 sesi. Sesi pertama terbatas digelar untuk menilik dari sisi harapan jangka panjang generasi muda (gen z dan gen alpha) tentang pendidikan tinggi dalam aspek akses, relevansi, daya saing, dan tata kelola perguruan tinggi. 

Di sesi berikutnya perwakilan dunia usaha dunia industri yang hadir untuk menanggapi hasil diskusi perwakilan pelajar dan mahasiswa. Kemudian saling berbagi pemikiran dan memberikan rekomendasi tentang masa depan pendidikan tinggi Indonesia dari perspektif dunia usaha dunia industri.

Hasil diskusi Kuliah-Kerja Fest! 2022 akan diserahkan oleh masing-masing perwakilan pelajar dan mahasiswa serta mitra dunia usaha dunia industri kepada tim Bappenas sebagai masukan. 

“Dalam momentum rangkaian kegiatan background study RPJPN bidang Pendidikan Tinggi 2025-2045, dan bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, kami bersyukur dapat bekerja sama dengan Direktorat Pendidikan Tinggi dan IPTEK Bappenas untuk membawa suara anak muda dan mitra-mitra industri yang juga termasuk dalam ekosistem pendidikan tinggi Indonesia”, tandas Aryanti. (OL-8)

Baca Juga

DOK/SMKN 2 GARUT

Paskibra SMKN 2 Garut Gulirkan Inovasi Pasheman'90

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:40 WIB
Pertunjukan Pasheman'90 yang atraktif, mampu menghapus stigma kaku  Pasukan Pengibar Bendera Pusaka...
DOK/SMKN 1 GARUT

Inovasi Sabun Cuci Tangan SMKN 1 Garut Dorong Kemandirian Warga

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 28 November 2022, 23:25 WIB
Pembuatan sabun cuci piring dihasilkan oleh siswa-siswi SMKN 1 dari Kompetensi Keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas...
Dok NasDem

NasDem Setiap Hari Pasok Ratusan Tempe Azaki ke Dapur Umum Korban Gempa Cianjur

👤Media Indonesia 🕔Senin 28 November 2022, 23:10 WIB
PASOKAN kebutuhan buat masyarakat terdampak gempa Cianjur terus dilakukan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya