Senin 26 September 2022, 06:45 WIB

Musik dan Kerajinan Tradisional Korea Bersatu dalam Pameran K-Maestro

Basuki Eka Purnama | Humaniora
Musik dan Kerajinan Tradisional Korea Bersatu dalam Pameran K-Maestro

MI/HO
Pertunjukan Pansori di acara pembukaan pameran K-Maestro di Museum Nasional Jakarta.

 

KEDUTAAN Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia dan Korean Cultural Center Indonesia (KCCI), bekerja sama dengan National Gugak Center dan Museum Nasional Indonesia, Jumat (23/9) lalu menggelar upacara pembukaan pameran bertajuk K-Maestro di Museum Nasional Indonesia.

Setelah pameran pertamanya di Korea, pada 2021, K-Maestro memilih Indonesia sebagai negara pertama untuk memulai pameran mancanegara. Pameran ini menghadirkan dua ruang karya bertema musik tradisional Korea, yaitu Pansori dan Sanjo.

Ruang Hwayeon (banquet) merupakan ruang bertema musik Pansori yang dipadukan dengan keindahan kerajinan simpul tradisional. 

Baca juga: Gandeng Museum Nasional, Kedubes Korsel Gelar Pameran K-Maestro

Ruang ini menggambarkan kehidupan rakyat biasa dengan menampilkan unsur humor dan sindiran. Berbagai kehidupan dalam cerita yang dibawakan diekspresikan dengan ribuan simpul bunga yang dijalin dan diurai dalam beragam bentuk.

Berikutnya terdapat ruang Padong (wave) dengan tema musik Sanjo yang dipenuhi kerajinan tradisional yang terbuat dari bahan kain dan logam. Ruang ini menggambarkan keindahan dari sebuah perbedaan, keseimbangan dalam ketidakseimbangan, keindahan asimetri dan atipikal, batas dan harmoni antara keteraturan dan ketidakteraturan.

Di upacara pembukaannya, seniman dari National Gugak Center hadir dan mempersembahkan pertunjukan musik Pansori dan Sanjo di masing-masing ruang secara langsung. 

Pameran dengan konsep perpaduan seni tak berwujud dengan seni berwujud ini dijadwalkan berlangsung hinggga 26 Oktober 2022 di Museum Nasional Indonesia.

Dengan diadakannya acara ini diharapkan menjadi kesempatan yang baik untuk memperkenalkan nilai dan gaya seni tradisional berwujud dan tidak berwujud Korea kepada masyarakat Indonesia seiring dengan meningkatnya minat terhadap Hallyu di seluruh dunia. (RO/OL-1)

Baca Juga

Antara

Upate 27 November 2022: Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Tercatat 4.151 Orang

👤MGN 🕔Minggu 27 November 2022, 21:04 WIB
Sedangkan untuk kasus aktif berkurang 1.539 orang sehingga menjadi 60.581...
MI/Seno

PB IDI dan IAKMI: Omnibus Law Kesehatan Urgensinya Dimana? Minim Kejelasan Pula

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 27 November 2022, 20:35 WIB
APAKAH UU lama sudah tidak relevan atau mengandung konflik satu dengan lainnya, harus ada penjelasan dan telaah ilmiah terkait aspek...
HO

Pemanfaatan Fleksibilitas Dana BOS Diharapkan Lebih Optimal

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 27 November 2022, 20:20 WIB
KEMENDIKBUDRISTEK telah meluncurkan Merdeka Belajar Episode Ketiga tentang perubahan mekanisme penyaluran dan penggunaan dana Bantuan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya