Rabu 21 September 2022, 14:40 WIB

Universitas Muhammadiyah Bandung Menerima 1.700 Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

Media Indonesia | Humaniora
Universitas Muhammadiyah Bandung Menerima 1.700  Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2022/2023

DOK/UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BANDUNG
Mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Bandung bersama Rektor dan pejabat lain saat pembukaan Pekan Soslialisasi dan Orientasi

 

ANIMO masyarakat Jawa Barat untuk melanjutkan studi di Universitas Muhammadiyah Bandung tergolong tinggi. Tahun ini, perguruan tinggi yang berkampus di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, itu, menerima mahasiswa baru sebanyak 1.700 orang.

Pekan sosialisasi dan orientasi mahasiswa baru di Aula Kampus Universitas Muhammadiyah Bandung digelar Rabu (21/9). Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Bandung, Prof Herry Suhardiyanto; Pimpinan Daerah Muhammadiyah Jawa Barat, H Suhada; Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 4 M Samsuri;  Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Prof Dadang Kahmad dan seluruh jajaran sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Bandung.

Pada kesempatan itu, Rektor Prof Herry Suhardiyanto berharap agar mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Bandung punya komitmen yang tinggi untuk sesuatu yang baik. "Kami sangat berharap setelah mendapat ilmu dari kampus ini, mereka akan menjadi Islamic eunterpener yang tangguh dan dapat dibanggakan."

Mahasiswa, tambah dia, harus melakukan kegiatan-kegiatan yang nyata, melakukan kolaborasi, juga kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang rumit, yang di masa yang lalu belum pernah dihadapi.

"Saya harap, mahasiswa akan terbiasa dengan kemajuan teknologi, dengan inovasi dan perubahan-perubahan. karena, saat ini kita dituntut untuk mewujudkan apa yang telah menjadi cita-cita kemerdekaan bangsa kita," tegasnya. " tuturnya.

Memotivasi mahasiswa


Sementara itu, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Barat, H Suhada memaparkan keberadaan amal usaha Muhammadiyah dalam perspektif dakwah  harus menjadi agen perubahan. "Syaratnya amal usaha agar mempunyai daya tarik umat ialah keniscayaan amal usaha itu harus mempunyai kualitas, prestasi dan melayani umat dengan sebaik-baiknya."

Untuk itu, dia mengajak mahasiswa untuk berprestasi tidak asal-asalan. "Perlihatkan kapasitas yang memadai untuk dakwah dalam konsep Islam berkemajuan."

Di tempat yang sama, Kepala Lembaga Layanan Perguruan Tinggi Wilayah 4 Jawa Barat, M Samsuri berupaya menanamkan motivasi kepada mahasiswa baru.

"Mahasiswa baru yang diterima di Universitas Muhammadiyah Bandung patut bersyukur, karena universitas ini dikelola oleh Persyarikatan Muhammadiyah, yang sudah lebih dahulu mengelola pendidikan sebelum Indonesia merdeka. Kemampuan Muhammadiyah dalam mengelola pendidikan tinggi tidak perlu diragukan lagi," paparnya.

Dia berharap ke 1.700 mahasiswa baru yang hadir pada acara Pekan sosialisasi dan Orientasi Mahasiswa Baru Muhammadiyah, tetap utuh 3-4 tahun ke depan. Semuanya diwisuda di Universitas Muhammadiyah Bandung.

Setali tiga uang, Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dadang Kahmad menambahkan mahasiswa baru yang diterima di UMB patut bersyukur, karena tidak semua  lulusan SLTA bisa menjadi mahasiswa karena berbagai keterbatasan. "Ada keterbatasan kemampuan, keterbatasan finansial dan keterbatasan kesempatan."

Universitas Muhammadiyah Bandung, lanjutnya, adalah bagian dari 171 Universitas Muhammadiyah yang ada di Indonesia. "Terdapat 518 ribu mahasiswa Muhammadiyah di seluruh Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke" tandasnya. (N-2)

Baca Juga

Nhac NGUYEN / AFP

BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 29 September 2022, 11:01 WIB
Sirkulasi Siklonik berada di Perairan Barat Sumatera Utara yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Aceh hingga Sumatera...
bbc

Anak Anda tidak Suka Air Putih? Ini Trik untuk Mengatasinya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 11:00 WIB
"Sebaliknya, produk minuman seperti soda, susu, atau jus buah dengan tambahan gula dan pewarna, serta minuman berkafein, sebaiknya...
Pexels

Ini Hal yang Harus Anda Perhatikan Agar Olahraga Anda Efektif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 29 September 2022, 10:00 WIB
Dengan konsisten berolahraga, kita bisa meningkatkan kualitas hidup dari segala aspek, mulai dari menjaga kesehatan fisik hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya